MENINGKATKAN MINAT DAN AKTIVITAS MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLIPBOOK PADA SISWA KELAS II SD

Yusup Yusup

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya minat dan aktivitas membaca siswa di kelas II Sekolah Dasar. Terkait dengan latarbelakang tersebut masalah dalam penelitian ini sebagai berikut. 1) Bagaimana minat membaca pada siswa kelas II sekolah dasar dengan menggunakan media flipbook? 2) Bagaimana aktivitas membaca pada siswa kelas II sekolah dasar setelah menerapkan media baca flipbook? Tujuan dalam penelitian untuk meningkatkan minat dan aktivitas membaca dengan menggunakan media flipbook. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 20 orang siswa kelas II SDN Sayang. Pengumpulan data penelitian dengan lembar observasi, catatan lapangan, tes, penilaian aktivitas, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian setelah menerapkan media flipbook pada siswa kelas II SDN Sayang sebanyak lima pembelajaran minat dan aktivitas bacanya meningkat. Peningkatan minat baca ditunjukan dengan peningkatan sikap senang, dan jumlah bacaan yang dibaca. Sikap senang tersebut terlihat ketika membaca dan setelah proses membaca serta jumlah bacaan yang di baca juga meningkat. Peningkatan aktivitas membaca ditunjukan dengan lama, jumlah buku, dan pemahaman isi bacaan. Peningkatan aktivitas membaca tersebut ditunjukan dengan peningkatan durasi waktu membaca dan penambahan jumlah buku yang dibaca serta pemahaman isi dari bacaan. Kesimpulannya minat dan aktivitas membaca dapat ditingkatkan dengan menggunakan media flipbook minimal sebanyak lima pembelajaran. Dengan lima kali pembelajaran terjadi peningkatan minat dan aktivitas membaca yang konsisten. Rekomandasi dari hasil penelitian bagi guru yaitu dapat menggunakan media flipbook untuk meningkatkan minat dan aktivitas. Rekomendasi bagi peneliti berikutnya yaitu dapat mencoba meningkatkan minat dan aktivitas membaca pada sampel lainnya.


Keywords


Interest, Activity and Flipbook

References


Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal of Pendidikan dan Konseling, 2(1). DOI: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/572.

Gogahu, D.G.S & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004-1015. DOI: https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/493.

Herlina, E.S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5 (4), 332-342. DOI: http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/1290.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Antasari Press.

Mulyaningtyas, R. (2017). Aktivitas Membaca Nyaring Untuk Anak Usia 0-2 Tahun. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 37-49. DOI: http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/223.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-172. DOI: https://pps.iiq.ac.id/jurnal/index.php/MISYKAT/article/view/52.

Rahman, B & Haryanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flascard. Jurnal of prima edukasia, 2(2) 128-137. DOI: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2650.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Prama Publishing

Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Universitas PGRI Palembang. DOI: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2750.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tariggan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuliani. W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Jurnal STKIP Siliwangi, 2(2), 83-91. DOI: http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta/article/view/1641.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id