GESIT EDUSEX: PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PENGETAHUAN SEKS DI KALANGAN MAHASISWA

Yulia Widayanti, Siti Rahmawati

Abstract


Pendidikan seks adalah pengetahuan terkait seksualitas manusia yang dapat digunakan untuk mencegah kekerasan seksual. Pendidikan seks penting diterapkan dalam kehidupan mahasiswa untuk mencegah biasnya pendidikan seks di kalangan remaja saat ini. Hal tersebut dapat diakibatkan karena rendahnya pengetahuan terhadap pendidikan seksual. Tujuan penelitian pada artikel ini adalah mengembangkan media pembelajaran Gesit Edusex, yakni media pembelajaran berbentuk e-learning yang berisi tentang pendidikan seks dari berbagai aspek menggunakan google sites serta menguji kelayakan media tersebut. Integrasi pendidikan seks dari berbagai aspek dimaksudkan agar pendidikan seks dapat dipahami secara kompleks dan diharapkan dapat menekan kasus kekerasan seksual. Ditinjau dari aspek agama, aspek kesehatan dan sains, dan aspek sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model 3D. Langkah penelitian terdiri dari tahap define, design,dan development. Hasil dalam penelitian berupa media pembelajaran pendidikan seks berbasis google sites yang berisikan pengetahuan seksual dari berbagai aspek. Hasil validasi dari ahli materi didapatkan nilai rata-rata sebesar 72% dengan kriteria layak, hasil validasi dari ahli media didapatkan nilai rata-rata sebesar 65%  dengan kriteria layak, dan data hasil respon mahasiswa didapatkan rata-rata sebesar 86% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan data tersebut memberikan arti bahwa media yang dikembangkan layak untuk diterapkan kepada mahasiswa sebagai media pembelajaran dalam memahami pendidikan seks.


Keywords


google sites, mahasiswa, pendidikan seks

References


Downing, V. R., Cooper, K. M., Cala, J. M., Gin, L. E., & Brownell, S. E. (2020). Fear of negative evaluation and student anxiety in community college active-learning science courses. CBE Life Sciences Education, 19(2), 1–16. https://doi.org/10.1187/cbe.19-09-0186.

Goldfarb, E. S., & Lieberman, L. D. (2021). Three Decades of Research: The Case for Comprehensive Sex Education. Journal of Adolescent Health, 68(1), 13–27. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.07.036

Hanafri, M. I., Mariana, A. R., Suryana, C., Stmik, D., Sarana, B., Stmik, M., & Sarana, B. (2016). Animasi sex education untuk pembelajaran dan pencegahan pelecehan seksual pada anak usia dini (studi kasus di TK kartini). Jurnal Sisfotek Global, 6(1), 51–57.

Handayani, D. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ibu dalam Pengambilan Keputusan Memilih Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) di Wilayah Bidan Praktik Swasta Titik Sri Suparti Boyolali. Jurnal KESMADASKA, 1(1), 56–65. http://jurnal.stikeskusumahusada.ac.id/index.php/JK/article/viewFile/23/78

Imania, K. A. N., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47.

Kamal, D., & Kembang, N. W. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi Sma. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Kantor, L. M., & Lindberg, L. (2020). Pleasure and sex education: The need for broadening both content and measurement. American Journal of Public Health, 110(2), 145–148. https://doi.org/10.2105/AJPH.2019.305320

Katadata.co.id. (2022). Provinsi dengan Kasus Perkosaan Tertinggi Nasional, Ini Sebarannya | Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/29/provinsi-dengan-kasus-perkosaan-tertinggi-nasional-ini-sebarannya

Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. 2(1), 458–470.

Khalesi, Z. B., Bokaie, M., & Attari, S. M. (2018). Effect of pregnancy on sexual function of couples. African Health Sciences, 18(2), 227–234. https://doi.org/10.4314/ahs.v18i2.5

Larabi-Marie-Sainte, S., Jan, R., Al-Matouq, A., & Alabduhadi, S. (2021). The impact of timetable on student’s absences and performance. PLoS ONE, 16(6 June), 1–22. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0253256

Li, Y., Cottrell, R. R., Wagner, D. I., & Ban, M. (2004). Needs and preferences regarding sex education among Chinese college students: A preliminary study. International Family Planning Perspectives, 30(3), 128–133. https://doi.org/10.1363/3012804

Mkonyi, E., Mwakawanga, D. L., Rosser, B. R. S., Bonilla, Z. E., Gadiel, G., Mohammed, I., Mushy, S. E., Mgopa, L. R., Ross, M. W., Massae, A. F., Trent, M., & Wadley, J. (2021). Child Abuse & Neglect The management of childhood sexual abuse by midwifery , nursing and medical providers in Tanzania. Child Abuse & Neglect, 121(July), 105268. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2021.105268

Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. A. M. K. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja. JURNAL EDUKASI Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 120–135.

Santoso, P. B. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Penelitian. Pustaka Belajar.

Sari, R., Nulhaqim, S. A., & Irfan, M. (2010). Pelecehan seksual terhadap anak. 4480, 14–18.

Saul Butler, R., Sorace, D., & Hentz Beach, K. (2018). Institutionalizing Sex Education in Diverse U.S. School Districts. Journal of Adolescent Health, 62(2), 149–156. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2017.08.025

Siallagan, D. F. (2011). Fungsi dan peranan mahasiswa. Universitas Bengkulu.

Siswoyo, D., Sulistyono, T., & Dardiri, A. (2007). Ilmu pendidikan. UNY press.

Solari, E. (2014). Relationship between recall of sex education and collegs students sexual attitudes and behavior. Journal of Adolescence, 74(4), 274–283. https://doi.org/10.1002/pits

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Penerbit Alfabeta Bandung.

Zielona-Jenek, M. (2018). Sexual preferences and associated disorders: Toward an extended model for description. Psychiatria Polska, 52(6), 1063–1073. https://doi.org/10.12740/PP/82193




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id