PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTU ANYFLIP DAN QIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Siti Hamisah, Caska Caska, Sri Kartikowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Menghasilkan  bahan ajar multimedia intraktif  berbantu anyflip dan quizizz pada materi peluang usaha produk/jasa. (2)Mengetahui Efektifitas belajar siswa dalam penggunaan bahan ajar multimedia intraktif  berbantu anyflip dan quizizz pada materi peluang usaha produk/jasa. (3) Mengetahui Respon siswa terhadap bahan ajar multimedia intraktif  berbantu anyflip dan quizizz pada materi peluang usaha produk/jasa. (4) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam penggunaan bahan ajar multimedia interaktif anyflip dan quizizz pada materi peluang usaha produk/jasa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Riset dan Deploment dengan  model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan bahan ajar multimedia intraktif berbantu Anyflip dan Quizizz menunjukan hasil validasi ahli materi dengan persentase penilaian setelah revisi 90 % dan peneilaian sebelum revisi 74 %  sementara hasil validasi ahli materi dengan persentase penilaian setelah revisi 89,4 % dan peneilaian sebelum revisi 81 % dengan nilai rata – rata keseluruhan 85 %. Skor rata - rata penilaian oleh guru mengenai bahan ajar multimedia Interaktif berbantu anyflip dan quzizz sebesar 82%,  sementara efektifitas yang ditunjukan oleh uji Paired Sempel t-test dari hasil penilaian dilihat  terdapat perbedaan yang signikan rata – rata nilai sebelum perlakuan dengan rata – rata nilai setelah perlakuan. Respon siswa terhadap bahan ajar multimedia interaktif berbantu anyflip dan quizizz menarik dan tidak membosankan serta materi mudah dipahami. Untuk Uji Normalitas hasil dari uji wilcoxon maka dapat diketahui bahwa peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah bahan ajar multimedia interaktif adalah sebesar -5.280^b dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 maka Ha diterima yaitu terdapat peningkatan yang signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum penerapan bahan ajar multimedia interaktif materi peluang produk barang/jasa dengan motivasi belajar siswa setelah penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbantu anyflip dan quizizz.


Keywords


bahan ajar, motivasi, intraktif, anyflip, quizizz

References


Ainin, Moh., 2013, Penelitian Pengembangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Disertasi. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang

Almasdi Syahza., 2016, Metodologi Penelitian, Universitas Riau Perss, Pekanbaru.

Arief, S Sadiman., 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademia

Nanang Supriadi., “Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (Baei) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman,”Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 1 (18 Juni 2015): 63–74

Sadiman., A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada.

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta. Diva PRESS

Siti Marfuah, dkk., .2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X. Junal Gantang UMRAH.1 (1) : 41-47

Sugiyono. , 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono., 2015, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id