PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PENUNTUN EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SMA

Mar’atul Masruroh, Muhammad Nasir, Naila Fauza

Abstract


Artikel ini berfokus pada pegembangan video animasi penuntun eksperimen dengan menggunakan aplikasi Powtoon pada materi Momentum dan Impuls kelas X SMA. Bertujuan untuk menghasilkan media video animasi penuntun eksperimen yang valid dan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran di kelas. Jenis penelitian adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data kuantitatif berupa nilai validitas dari video animasi penuntun eksperimen dan data kualitatif didapat dari komentar dan saran para tim validator. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi video animasi. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui validitas dari video animasi penuntun eksperimen dengan menggunakan formula Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai indeks validitas Aiken’s V  pada aspek desain sebesar 0,813, aspek pedagogi sebesar 0,845, aspek isi 0,887, dan aspek teknikal sebesar 0,795. Hasil keseluruhan rata-rata nilai indeks validitas Aiken’s V sebesar 0,834 dimana nilai indeks validitas Aiken’s V memperoleh nilai indikator  0,40 sehingga dinyatakan valid. Maka dapat disimpulkan bahwa video animasi penuntun eksperimen dengan menggunakan aplikasi Powtoon pada materi Momentum dan Impuls kelas X SMA dinyatakan valid berdasarkan aspek desain, aspek pedagogi, aspek isi dan aspek teknikal.


Keywords


video animasi penuntun eksperimen, powtoon, materi momentum dan impuls

References


Alfianti, I. N. A., Bektiarso, S., & Lesmono, A. D. (2018). Pengaruh Model PBI (Problem Based Instructions) Disertai Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa (Materi Momentum dan Impuls Kelas X MAN 1 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 7 (1), 46. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7224

Anam, A., Wati, W., & Asiah, N. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Channel Youtube Berbantu Aplikasi Powtoon pada Materi Suhu dan Kalor. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.30599/uteach.v1i1.19

Fauza, N., Ernidawati, E., & Syaflita, D. (2020). Difficulty Analysis of Physics Students in Learning Online During Pandemic Covid-19. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 49. https://doi.org/10.31258/jgs.8.1.49-54

Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Pythagoras, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.33373/pythagoras.V7I1.1196

Jasmy Abd Rahman, M., Arif Hj Ismail, M., & Nasir, M. (2014). Development and evaluation of the effectiveness of computer-assisted physics instruction. International Education Studies, 7(13), 14–22. https://doi.org/10.5539/ies.v7n13p14

Madrasah, D. I., Negeri, A., Roudlotus, S., Prihandono, T., & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan Modul Momentum , Impuls Dan Tumbukan Dengan Strategi Concept Mapping Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember Abstract. 78–84.

Nasir, M. (2014). Pembangunan dan Penilaian Keberkesanan Perisian Pengajaran dan Pembelajaran Fizik Berbentuka Komputer di Sekolah Menengah Atas Pekanbaru, Riau Indonesia (Disertasi). Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia.

Nasir, M., Prastowo, R. B., & Riwayani, R. (2018). Design and Development of Physics Learning Media of Three Dimensional Animation Using Blender Applications on Atomic Core Material. Journal of Educational Sciences, 2(2), 23. https://doi.org/10.31258/jes.2.2.p.23-32

Nor, M., Irianti, M., & Dilla Melani, S. (2021). Development of PowToon-Based Physics Learning Media on Atomic Nucleus Materials for Class XII Senior High School. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 43. https://doi.org/10.31258/jgs.9.1.43-50

Penelitian, J., Fisika, P., Januari, V. N., Anas, M., & Sukariasih, L. (2020). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Materi Pokok Momentum dan Impuls melalui Model Pembelajaran berbasis Masalah bagi Peserta Didik SMAN 2 Mawasangka Tengah Pendahuluan Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan ke. 5(1), 100–108.

Pratama, A., Sugiyanto, S., & Nugroho, S. E. (2021). Unnes Physics Education Journal Pengembangan Modul Eksperimen Fisika Berbasis Analisis Video pada Topik. Unnes Physics Education Journal, 9(3), 242–248.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (panduan peneliti, mahasiswa dan psikometrian). Yogyakarta : Parama Publishing.

Sari, N., & Sunarno, W. (2018). Sekolah Menengah Atas the Analysis of Students Learning Motivation on Physics Learn- Ing in Senior Secondary School. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17–32.

Sari, N., & Sunarno, W. (2018). Sekolah Menengah Atas the Analysis of Students Learning Motivation on Physics Learn- Ing in Senior Secondary School. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17–32.

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Dalam Memilih Media. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57.

Sastra, O. A., Ahzan, S., & Fuaddunazmi, M. (2016). Development of Learning Media Using Adobe After Effect in Dynamic Electricity Subject Matter. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(1), 34. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v4i1.35

Sugianto, F. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Sma Menggunakan Lks Hukum Newton Tentang Gravitasi Berbasis Multirepresentasi Terintegrasi Phet Simulation. 3, 162–166.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuatitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id