PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMA NEGERI 1 UJUNGBATU

Despra Melly, Rr. Sri Kartikowati, Filma Alia Sari

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh indikasi rendahnya hasil belajar Ekonomi siswa XI IPS SMA Negeri 1 Ujungbatu selama pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk mengambarkan pengaruh bimbingan belajar online terhadap prestasi belajar siswa selama pembelajaran tatap muka terbatas. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ujungbatu yang mengikuti bimbingan belajar online (Ruangguru) yang berjumlah 30 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan angket untuk variabel bimbingan belajar online, untuk variabel prestasi belajar menggunakan dokumentasi yang diperoleh dari nilai ekonomi semester Ganjil tahun ajaran 2021/2022 SMA Negeri 1 Ujungabatu. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis linier sederhana dengan bantuan SPSS. Analisis data yang dilakukan terhadap masing-masing variabel menggunakan analisis deskriptif, setelah itu dilakukan asumsi klasik sebagai persyaratan untuk dilakukan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil dari analisis data ini digunakan untuk melihat adanya pengaruh bimbingan belajar online terhadap prestasi belajar siswa selama pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negeri 1 Ujungbatu. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa selama pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negri 1 Ujungbatu dengan diperoleh nilai koefisien regresi (X) bimbingan belajar online sebesar 0,428 dan memberi kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 20,8%. Dengan demikian bimbingan belajar online dapat dijadikan alternatife bagi peningkatan prestasi belajar siswa


Keywords


Bimbingan Belajar Online, Prestasi Belajar, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

References


Amelia, A. N. (2017). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Inpres Batangkaluku Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Anggraini, D. S. (2019). pengaruh bimbingan belajar dan kondisi ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas iv mi ma'arif cekok babadan ponorogo tahun pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Banna, R. B., Limbong, M., & Sunaryo, T. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Secara Online atas Prestasi Belajar Matematika Siswa di Kelas XII SMK Kristen Tagari di Kota Rantepao. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1380-1388.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Helmawati, 2018. Mendidik anak berprestasi melalui 10 kecerdasan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonsesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820.

PRASTIKA, W. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Ramadhayanti, Ana. 2018. Analisis Strategi Belajar Dengan Metode Bimbel Online Terhadap Kemampuan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris Dan Pronunciation (Pengucapan/Pelafalan) Berbahasa Remaja Saat Ini. Jurnal Kredo Vol. 2 No. 1.

Rosyid, Moh Zaiful dkk.,Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara. 2019.

Saifi, Saifullah & Tariq Mehmood. 2011. Effect Of Sosioeconomic Status On student Achivement. Internasional Journal of Social Science an Education. Vo.1, No.2. Hal. 119-128

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Soekanto, Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugihartono, dkk. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Susanti Lidia, 2019. Prestasi belajar akademik dan non akademik teori dan implementasinya. Malang : CV Literasi Nusantara Abadi.

Susanti Lidia, 2019. Prestasi belajar akademik dan non akademik teori dan implementasinya. Malang : CV Literasi Nusantara Abadi.

Yusuf, Syamsu,Juntika Nurihsan. 2014. Landasan bimbingan dan konseling. Bandung: PT.Rmaja Rosdakarya, Cet. VIII.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id