PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QIRO’AH DENGAN TEMA LINGKUNGAN BELAJAR UNTUK SISWA MTS JABAL AN-NUR PROVINSI LAMPUNG

Saeful Rahman, Rumadani Sagala, Erlina Erlina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Arab dengan metode qiro’ah yang diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami materi yang dibahas dan dapat meningkatkan kemahiran membaca teks Bahasa Arab untuk diaplikasikan di tingkat sekolah menegah pertama. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengambil objek MTs Jabal An-Nur Provinsi Lampung. Pengembangan dilakukan beberapa tahap, yaitu:  potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk dan revisi produk. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa bahan ajar Bahasa Arab dengan metode qiro’ah melalui penelitian pengembangan valid serta layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab. Dari bahan ajar Bahasa Arab dengan metode qiro’ah diperoleh hasil bahwa siswa  setelah mendapatkan bahan ajar Bahasa Arab dengan metode qiro’ah lebih mudah mengerti mengenai materi teks Bahasa Arab, kemudian setelah menggunakan buku dari bahan ajar Bahasa Arab dengan metode qiro’ah siswa mampu mengerjakan soal yang diberikan, dan setelah diberikan bahan ajar Bahasa Arab dengan metode qiro’ah siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang dibahas dan siswa mampu meningkatkan kemahiran membaca teks Bahasa Arab.


Keywords


bahan ajar, lingkungan belajar, qiro’ah

References


Agusvian, H. (2021). Pengembangan Media Komik Pada Pembelajaran Qiroah Materi Perkenalan Kelas VII Mts Muallimin NW Pancor. Al Mahāra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 45–63. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-03

Amin, I., Latif, A., Siddiq, J., Fadhel, A., Hidayat, S., & Mahdi, R. (2022). Student Perception of the Development of Arabic Learning Model in Intensive Learning Program at IAIN Padangsidimpuan Language Development. Lisanan Arabiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 69–86.

Asy’ari, M. H. (2018). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Keterampilan Qiro’ah di MTs Tanwirul Islam. KABILAH : Journal of Social Community, 3(1), 81–87. https://doi.org/10.35127/kbl.v3i1.3273

Erlina, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Qira’Ah Terpadu Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(2). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i2.2242

Fatchurrozaq, I. K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Bahasa Arab Berperspektif Gender Bagi Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(2), 191–221. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3553

Hendrawanto. (2020). HOTS (Higher Order Thinking Skills) Through SPPKB (Learning Strategy for Improving Thinking Ability) in Learning" Qiroah" Reading Skills Based on Contextual Learning As Implementation of 21st Century Learning in Higher Education. Journal International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE), 2(1), 28–48. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/isllae/article/view/15945

Huda, K. (2018). Teaching Material Development “Practical Guidelines for Reading Al-Qur’an” in Learning Al-Qur’an At Griya Al-Qur’an of Surabaya. Studia Religia : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.30651/sr.v2i2.2403

Irfandi. (2019). Penerapan Buku Qiro’ah Untuk Memotivasi Siswa Membaca Qur’an Di Sekolah Menengah Kejuruan Toveaku Palu. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2).

Jailani, M. (2021). Developing Arabic Media Based on Brain-Based Learning: Improving Mufrodat in School. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(2), 349–361. https://doi.org/10.24042/tadris.v6i2.9921

M. Umar Khamdan, H. M. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Qiro ’ ah Sab ’ ah Dalam Meningkatkan Pemahaman Terhadap Qiro ’ ah Masyhuroh di Pesantren Madrasatul Qur ’ an Tebuireng Jombang. Attaqwa : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1 Maret), 17–33.

Manzilah, F. D., Firdaus, F., & Saraswati, A. N. (2020). Penggunaan Metode Peer Teaching Dalam Pembelajaran Maharah Qiro ’ Ah Pada Shobahullughoh Di Msaa Uin Malang. Seminar Nasional Bahasa Arab V, 4(1), 268–282. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/575/529

Nada, A. Q. (2020). Pemilihan Media Pembelajaran Maharah Qiro ’ ah Pemilihan Media Pembelajaran Maharah Qiro ’ ah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

Prasetiawati, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tahsinul Qiro’ah Berbasis An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 131. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2389

Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340

Rahmani, R., Mustadi, A., Maulidar, M., & Senen, A. (2021). The Development of Teaching Materials Based on Context and Creativity to Increase Students Scientific Literacy. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 9(2), 345. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v9i2.506

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. CV. Bumi Maheswari : Yogyakarta.

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta:Bandung.

Zaki, M. (2021). Urgensi Bahan Ajar Bahasa Arab Sebagai Penentu Dalam Proses Belajar Mengajar. Al-Af’idah, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id