EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV

Fenti Widiyana, Muhamad Idris, Erfan Ramadhani

Abstract


Masalah yang diangkat dalam artikel ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS materi keragaman budaya. Oleh sebab itu, diperlukan kajian untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif sebagai alternatif untuk meningkatkan pemahaman siswa apakah lebih efektif diberikan pada siswa mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 81 Palembang, khususnya pada tipe jigsaw. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif jenis eksperimen. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini efektif terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran IPS materi keragaman budaya kelas IV dengan nilai rata-rata hasil post-test pada kelas eksperimen sebesar 86,0 yang lebih unggul dibandingkan hasil post-test kelas kontrol sebesar 78,8. Uji t yang telah dilakukan setelah tindakan diperoleh hasil dengan nilai signifikan. Sehingga nilai signifikan (2-tailed) dari hasil uji t-test diperoleh nilai .000 lebih kecil dari 0,025 (0,000 < 0,025). Dari data tersebut, didapatkan bahwasanya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif diterapkan dalam pembelajaran IPS dan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran di kelas.


Keywords


jigsaw, model pembelajaran kooperatif, pemahaman siswa, mata pelajaran ips

References


Adeliawati, dkk. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary School Education (IJPSE), 17-27.

Alimin. (2018). Menggali Keariafan Lokal Sumatera Selatan Melalui Pedestrian Jalan Jendral Sudirman. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 238-248.

Al-Tabany, T. I. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Auva, A., Hambali, D., & Resnani. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 01 Bengkulu Tengah. Juridikdas, 3(1), 61-68.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.

Farika, A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa dalam Muatan IPS Kelas V SDN Mlajah 1 Bangkalan. Jurnal Pendidikan IPS , 16-19.

Febriani, M. (2021). Ips Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61-66.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapsari, E. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria, 7(1), 1-9.

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya dan Pemanfaatannya. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an , 15-25.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Jamaris, M. (2015). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kanza, V., Kurniaman, O., & Witri, G. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dua Dimensi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V SD Negeri 161 Pekanbaru. Jurnal Pajar, 877-882.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: NoerFikri Offset.

Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 76-87.

Lefudin. (2017). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Maharani, F. I., & Taufina. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 586-592.

Marhayani, D. A., & Hendriana, E. C. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kompetensi Keterampilan dan Kompetensi Pengetahuan Siswa pada Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Singkawang. JPDI, 5(1), 24-27.

Maryani, & Suparno. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Minat Belajar IPS Siswa Sekola Dasar Negeri Mangunsari 02 Salatiga. JPSD, 272-284.

Mudyahardjo, R. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu. Bandung: PT Refika Aditama.

Ningrum. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 145-151.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmi-Ilmu Keislaman, 333-352.

Parni. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional , 96-105.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siska, Y. (2018). Pembelajaran IPS DI SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, cv.

Suhada, I. (2017). Konsep Dasar IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 84-94.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Tsabit, D., Amalia, A. R., & Maula, L. H. (2020). Analisis Pemahaman Konsep IPS Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Video Pembelajaran IPS Sistem Daring Di Kelas IV.3 SDN Pakujajar CBM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 76-89.

Widyaningrum, M. D., & Harjono, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JPPGuseda, 2(2), 57-60.

Wulandari, D. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ips Kelas Ii Sd Negeri Ii Kemloko Dengan Menggunakan Model Make A Match. Jurnal Taman Cendikia, 1(2), 113-120.

Yonanda, D. A. (2017). Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran PKn Tentang Sistem Pemerintahan Melalui Metode M2M (Mind Mapping) Kelas IV MI Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 53-63.

Yonanda, D. A., Anggraeni, K., & Melinda, W. R. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give. PEJS, 1(1), 24-29.

Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assesment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id