The Relationship between Students' Independence and Creativity on the Learning Outcomes of Class IV Fine Arts at SD Negeri 35 Palembang

meilindya meilindya meilindya

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemandirian siswa saat merencanakan kegiatan pembelajaran, terbatasnya alokasi waktu yang menyebabkan siswa belum maksimal dalam menghasilkan karya seni rupa, praktek prakarya seni rupa yang menjadi pekerjaan rumah mengakibatkan siswa belum bisa mandiri dan kreatif karna masih mengikuti arahan orang tua, kurangnya kreativitas pada siswa yang belum mampu menciptakan konsep dalam membuat karya kolase secara mandiri dan kreatif, hasil belajar materi seni rupa kolase dengan bahan daun-daunan sebanyak 41% siswa yang belum mencapai kkm. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemandirian dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar seni rupa kelas iv sd negeri 35 palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Sampel yang digunakan siswa kelas iv berjumlah 22 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Uji korelasi ganda menunjukan pada tingkat korelasi kuat uji f dengan taraf signifikan 5% menunjukan  ditolak dan  diterima dengan besarnya kontribusi sebesar 56%. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar seni rupa kelas iv sd negeri 35 palembang.

Keywords


Kemandirian; Kreativitas ; Hasil Belajar ; Seni Rupa

References


Budiwanto, S. (2017). Metode Statistika Untuk Mengolah Data Keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Daryanto. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Desmita. (2019). psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT REMAjA ROSDAKARYA.

Desmita. (2019). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Desmita. (2019). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT REMAA ROSDAKARYA.

Hita, N. K. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar dan Kreativitas Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Repository UNMAS Denpasar.

Kasta, A. (2019). Peningatan Kreativitas Seni Anak Melalui Kolase Dengan Menggunakan Daun Pisang di TK Aisyiyah Talaok. jurnal riset tindakan kelas.

Kuswarsantyo. (2014). Pendidikan Seni di SD. jakarta: Universitas Terbuka.

Lestari, I. (2019). Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Matua, S. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa SMPN 35 Kota Padang. Universitas Negeri Padang Repository.

Minsih Minsih, P. Y. (2020). Pembelajaran Bagi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurfadilah, S. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika.

Prawira, N. G. (2017). Seni Rupa dan Kriya. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ranti Puspita Sari, R. R. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK SISWA SD. SITAKARA : Jurnal Pendidikan Seni & Seni Budaya.

Susanto. (2013). Teori belajar dan Pembelajaran di sekolah dasar. jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. jakarta: Prenadamedia Group.

Tasaik, H. L. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. jurnal pendidikan ke SD an, 45.

Vina Fadila, L. H. (2020). HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL PADA MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL SEKOLAH.

Wardana, A. d. (2019). belajar dan pembelajaran. jakarta: cv kaaffah learning center.

Yuswatiningsih. (2017). Peningkatan Kreativitas Verbal Pada Anak Usia Sekolah. Mojokerto: Stikes Majapahit Mojokerto.

Zulinto, A. (2021). Guru dan pendidikan yang mencerahkan. Palembang: Aksara Pena.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id