MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Kori Sundari, Rima Rikmasari, Mayang Mayang

Abstract


Artikel ini membahas kendala yang terjadi pada siswa dalam menulis karangan deskripsi, yang mana tipe penulisan siswa hampir sama, tidak menggunakan spasi, bentuk huruf yang masih belum sesuai dengan PUEBI, tanda baca kurang tepat, siswa masih sulit untuk menuliskan kata awal yang sesuai, dan menentukan alur tulis yang runtut. Berdasarkan penelitian sebelumnya model picture dan picture menjadi solusi yang dapat digunakan. Tujuan penelitian agar mengetahui gambaran penggunaan model picture dan picture dalam menulis karangan deskripsi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literature Riview. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa jurnal mengenai penerapan model picture dan picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan 14 jurnal dengan kriteria 10 tahun terakhir 2012-2013 menggunakan model picture and picture dengan variabel independen yang digunakan menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Adapun permainan yang dapat digunakan dalam penerapan model picture dan picture yaitu “siapa cepat, dia dapat” permainan ini mempermudah siswa dalam memahami yang dimaksudkan oleh guru ketika menyampaikan materi pembelajaran serta siswa cepat tangap atas materi yang disampaikan karena diiringi dengan gambar.


Keywords


picture dan picture, keterampilan menulis, karangan deskripsi, siswa sekolah dasar

References


Ahmad, S., Veryliana, & Darsimah. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Model Picture And Picture Di SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(3), 454–459.

Aliyah, U., & Mulawarman. (2020). Kajian Systematic Literature Review ( SLR ) Untuk Mengidentifikasi Dampak Terorisme , Layanan Konseling dan Terapi Trauma Pada Anak-Anak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(2), 209–222.

Amelia, R., Halidjah, S., & Marli, S. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kharulistiwa, 6(10), 1–12.

Aslamin, P. N., Usada, & Lestari, L. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Metode Picture And Picture. Didaktika Dwija Indiria, 2(3), 1–5.

Ayu, Kurniasih, & Mulyasar. (2021). Penerapan Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 62–71.

Estri, P. S., Dwi, H. A. H., & Albertus, S. (2021). Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Ketelitian dan Ketrampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 37–47.

Fitri, L., & Sayuti. (2021). Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Siswa Kelas III Sekolah Dasar 03 Balai-Balai. Inovasi Pendidikan : Jurnal Pendidikan, 8(2), 58–68.

Kartikasari, A., Soegiyanto, Usad, & Rukayah. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Metode Picture And Picture. Didaktika Dwija Indiria, 3(8), 1–5.

Krismasari, D. N. N., Rini, K. M. ., & Nyoman, G. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278–285.

Kuraedah, S., & Saliadin, L. (2016). Penerapan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B Di Min Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe Selatan. Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 144–161.

Nafi’ah, S. A. (2018). Model Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI (p. 32). Ar-Ruzz Media.

Pau, M. W. (2021). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas IC. Lombok Journal of Science (LJS), 3(2), 29–42.

Pratama, S. Y. (2021). Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Karangan Deskripsi Kelas III SD Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(12), 1–11.

Rahman, F. (2018). Menulis Karangan Deskripsi Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture ( Strategi Pembelajaran Terhadap Siswa Sekolah Dasar ). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 01(01), 55–62.

Setyastuti, C. S., Santoso, A. B., & Haryanti, U. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 1 Munggung, Karangdowo, Klaten, Tahun Pelajaran 2021/20022. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(1), 32–42.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (p. 126). Ar-Ruzz Media.

Supriady, W. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Deskripsi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 18–35.

Wilastri, D., Halidjah, S., & Kartono. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Picture And Picture Di Kelas III. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id