MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

mayang mayang

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kendala  yang terjadi pada siswa dalam menulis karangan deskripsi yaitu tipe penulisan siswa hampir sama, tidak menggunakan spasi, bentuk huruf yang masih belum sesuai dengan PUEBI serta tanda baca yang kurang tepat dan siswa masih sulit untuk menuliskan kata-kata awal yang sesuai dan menentukan alur tulis yang runtut. Berdasarkan penelitian jurnal sebelumnya model picture and picture menjadi solusi yang dapat digunakan. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran pelaksanaan model picture and picture dalam menulis karangan deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Riview (SLR) dari 14 jurnal yang berasal dari data base google scholar. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan menggunakan berbagai jurnal yang berkaitan dengan variabel penelitian yang diperlukan. Sumber data yang digunakan penelitian ini yaitu jurnal yang berkaitan mengenai penerapan model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Artikel yang digunakan memiliki kriteria yaitu 10 tahun terakhir pada 2012-2013. Berdasarkan 14 hasil dan pembahasan penerapan model picture and picture terhadap menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar, terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Adapun permainan yang digunakan dalam penerapan model picture and picture yaitu “siapa cepat,dia dapat” dalam permainan ini agar dapat mempermudah siswa dalam memahami apa yang dimaksudkan oleh guru ketika menyampaikan materi pembelajaran serta siswa akan cepat tangap atas materi yang disampaikan karena diiringi dengan gambar-gambar.

 

Kata Kunci : Model Picture And Picture, Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Siswa Sekolah Dasar


References


DAFTAR PUSTAKA

Ahdar, M. (2022). Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Menulis Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Picture And Picture Pada Siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 74–82.

Ahmad, S., Veryliana, & Darsimah. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Model Picture And Picture Di SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(3), 454–459.

Aliyah, U., & Mulawarman. (2020). Kajian Systematic Literature Review ( SLR ) Untuk Mengidentifikasi Dampak Terorisme , Layanan Konseling dan Terapi Trauma Pada Anak-Anak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(2), 209–222.

Amelia, R., Halidjah, S., & Marli, S. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kharulistiwa, 6(10), 1–12.

Aslamin, P. N., Usada, & Lestari, L. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Metode Picture And Picture. Didaktika Dwija Indiria, 2(3), 1–5.

Ayu, Kurniasih, & Mulyasar. (2021). Penerapan Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 62–71.

Estri, P. S., Dwi, H. A. H., & Albertus, S. (2021). Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Ketelitian dan Ketrampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 37–47.

Fitri, L., & Sayuti. (2021). Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Siswa Kelas III Sekolah Dasar 03 Balai-Balai. Inovasi Pendidikan : Jurnal Pendidikan, 8(2), 58–68.

Gunaya, I. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 18–32.

Kartikasari, A., Soegiyanto, Usad, & Rukayah. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Metode Picture And Picture. Didaktika Dwija Indiria, 3(8), 1–5.

Krismasari, D. N. N., Rini, K. M. ., & Nyoman, G. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278–285.

Kuraedah, S., & Saliadin, L. (2016). Penerapan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B Di Min Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe Selatan. Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 144–161.

Kusumaningsih, D., Wahono, S., Suparmin, Sudiatmi, T., & Triyanto, B. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia (p. 73). C.V Andi Offset.

Nafi’ah, S. A. (2018). Model Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI (p. 32). Ar-Ruzz Media.

Pau, M. W. (2021). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas IC. Lombok Journal of Science (LJS), 3(2), 29–42.

Pratama, S. Y. (2021). Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Karangan Deskripsi Kelas III SD Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(12), 1–11.

Rahman, F. (2018). Menulis Karangan Deskripsi Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture ( Strategi Pembelajaran Terhadap Siswa Sekolah Dasar). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 01(01), 55–62.

Setyastuti, C. S., Santoso, A. B., & Haryanti, U. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 1 Munggung, Karangdowo, Klaten, Tahun Pelajaran 2021/20022. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(1), 32–42.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (p. 126). Ar-Ruzz Media.

Supriady, W. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Deskripsi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 18–35.

Wilastri, D., Halidjah, S., & Kartono. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Picture And Picture Di Kelas III. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id