HUBUANGAN KELENTURAN TUBUH TERHADAP KEMAMPUAN MENARI YA SAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 17 PALEMBANG

Amelia Agustini, Endie Riyoko, Treny Hera

Abstract


Artikel ini meninjau adakah hubungan kelenturan tubuh terhadap kemampuan menari ya saman pada siswa kelas V SD Negeri 17 Palembang. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasi product moment. Populasi penelitian melibatkan 78 siswa kelas V SD Negeri 17 Palembang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling pada kelas V.c SD Negeri 17 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis data menggunakan uji hipotesis, uji-t dan uji determinan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan kelenturan tubuh terhadap kemampuan menari ya saman pada siswa kelas V.c SD Negeri 17 Palembang. Hal ini dibuktikan dengan indeks korelasi product moment bahwa nilai rhitung sebesar 0,487 berada pada tingkat hubungan yang cukup kuat. Jika dipresentasekan bahwa kelenturan tubuh memiliki hubungan sebesar 23,71% dengan kemampuan menari ya saman pada siswa kelas V SD Negeri 17 Palembang. Sedangkan, selebihnya sebesar 76,29% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diuji dalam penelitian.


Keywords


kelenturan tubuh, kemampuan menari, siswa sekolah dasar

References


Akhmad, I. (2021). Analisis Nilai-nilai Pada Tari Pasaman. Jurnal Seni Mukalayang, 8(1), 1-9

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Decaprio, R. (2013). Aplikasi teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah . Jogyakarta: DIVA Press.

Eka, dkk. (2021). Bahan Ajar Tari Melaju Dengan Mutu Dalam Kajian Bentuk Tari. Yogyakarta: Perkumpulan Seni Sapu Lidi.

Fachrurrazi, A, dkk. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Bersenam Dan Kemampuan Menari Pada Anak Usia Dini Kelompok 5-6 Tahun TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Surabaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 26-36.

Hamzah, A. (2019). metode penelitian dan pengembangan. Malang: Cv Literasi

Hera, T. (2018, July). Aspek-aspek penciptaan tari dalam pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 5, No. 05).

Hera, T. (2019). Fungsi Tari Persembahan Tepak Sirih Dalam Memeriahkan Acara Hbd Indonesia Di Bkb Palembang. Jurnal Sitakara, 3(2), 60-68.

Hera, T., Nurdin, N., Elvandari, E., Setyaningrum, N. D. B., Putra, R. E., Sepdwiko, D., ... & Adoma, A. M. (2022). Berjiwa Seni Melalui Olah Tubuh Sehat Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 4 OKU. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 21-32.

Jazuli, M. (2016). Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV. Farishma Indonesia.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grava Medika.

Rachmi, T. (2014). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini., 35

Rahayubi. (2016). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Referens.

Satriawati. (2018). Seni Tari. Makasar: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PKBM Rumah Buku Cara B aca.

Setianingsih, Y. (2014). Peranan Olah Tubuh Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dalam Tari Pada Anak-anak SMP Negri 10 Karangkobar. Jurnal Seni Tari, 2252-6625.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuanitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharti. (2016). Gelora. Mataram: Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan I.

Sukardi. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyudi, A. V. (2020). Olah Tubuh dan Olah Rasa Dalam Pembelajaran Seni Tari Terhadap Pengembangan Karakter, Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni 2503-4626, 2528-2387.

Widiastuti. (2019). Tes dan Pengukuran Olahraga. Depok: Rajawali Pers.

Wuryaningrum, A. & Hartono (2018). Teknik Analisis Pembelajaran Tari. Yogyakarta: Lontar Mediatama.

Zulinto, A. (2021). Guru dan pendidikan yang mencerahkan. Sumatera Selatan: Askara Pena.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id