The Relationship between Body Flexibility and Ya Saman's Dancing Ability in Fifth Grade Students at SD Negeri 17 Palembang

Amelia Agustini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan kelenturan tubuh terhadap kemampuan menari ya saman pada siswa kelas V SD Negeri 17 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 17 Palembang yang berjumlah 78 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling yaitu kelas V.c SD Negeri 17 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis, uji-t dan uji determinan. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan kelenturan tubuh terhadap kemampuan menari ya saman pada siswa kelas V.c SD Negeri 17 Palembang.


Keywords


Kelenturan Tubuh, Kemampuan Menari Siswa

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Decaprio, R. (2013). Aplikasi teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah . Jogyakarta: DIVA Press.

Hera, T. (2018, July). Aspek-aspek penciptaan tari dalam pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 5, No. 05).

Hera, T., Nurdin, N., Elvandari, E., Setyaningrum, N. D. B., Putra, R. E., Sepdwiko, D., ... & Adoma, A. M. (2022). Berjiwa Seni Melalui Olah Tubuh Sehat Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 4 OKU. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 21-32.

Hera, T. (2019). Fungsi Tari Persembahan Tepak Sirih Dalam Memeriahkan Acara Hbd Indonesia Di Bkb Palembang. Jurnal Sitakara, 3(2), 60-68.

Rahayubi. (2016). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Referens.

Rochayati, R. H. (2021). Bahan Ajar Tari Melaju Dengan Mutu Dalam Kajian Bentuk Tari. Yogyakarta: Perkumpulan Seni Sapu Lidi.

Setianingsih, Y. (2014). Peranan Olah Tubuh Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dalam Tari Pada Anak-anak SMP Negri 10 Karangkobar. Jurnal Seni Tari, 2252-6625.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuanitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharti. (2016). Gelora. Mataram: Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan I.

Sukardi. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyudi, A. V. (2020). Olah Tubuh dan Olah Rasa Dalam Pembelajaran Seni Tari Terhadap Pengembangan Karakter, Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni 2503-4626, 2528-2387.

Widiastuti. (2019). Tes dan Pengukuran Olahraga. Depok: Rajawali Pers.

Wuryaningrum, A. &. (2018). Teknik Analisis Pembelajaran Tari. Yogyakarta: Lontar Mediatama.

Zulinto, A. (2021). Guru dan pendidikan yang mencerahkan. Sumatera Selatan: Askara Pena.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id