MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN 11 MANDAU MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING

Zulrahmiati Yuda

Abstract


Artikel ini membahas sebuah penelitian mengenai aktivitas belajar siswa dan hasil belajar melalui model Discovery Learning. Penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan penemuan individu selain itu agar kondisi belajar yang awalnya pasif menjadi lebih aktif dan kreatif. Penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan di SDN 11 Mandau. Populasi penelitian melibatkan 21 siswa kelas VI (Enam), terdiri dari 11 perempuan dan 10 laki-laki. Penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan tes evaluasi pada akhir siklus. Pada pra siklus kriteria aktivitas belajar siswa 38.09%. Setelah penerapan pembelajaran model Discovery Learning menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I, kriteria aktivitas siswa 76.19% dan pada siklus II akivitas siswa 95.23% aktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan. Sedangkan hasil belajar siswa pada pra siklus diperoleh ketuntasan siswa 42.85% dengan nilai rata-rata 65.25. Pada siklus I, diperoleh ketuntasan siswa sebesar 71.42%, rata-rata yang diperoleh 75.50. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 90.47% dengan rata-rata 84.25. Dalam hal ini, penerapan metode pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran yang dilaksanakan.


Keywords


discovery learning, hasil belajar siswa, mata pelajaran IPA

References


Alfianti, R. A., Suprapta, B., & Andayani, E. S. (2019). Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan. 4(7). 938–943.https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12636

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. 18(2). 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1). 15. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.23

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di Sd Al-Islah Surabaya. Journal of Natural Science Education Research. 1(2). 171-180. https://doi.org/http://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/5187/3505

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 2(2). 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Ballen, C. J., Seth K. Thompson, J. E. B., Newstrom, N. P., & Cotner, S. (2018). Discovery and Broad Relevance May Be Insignificant Components of Course-Based Undergraduate Research Experiences (CUREs) for Non-Biology Majors. Journal of Microbiology & Biology Education. 19(2). https://doi.org/10.1128/jmbe.v19i2.1515

Basri, A. M., Rohana, R., & Pagarra, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Publikasi Pendidikan. 8(3). 160. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.5995

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 6(3). 217–230

Istikomah, Nurul. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (Solo). 6 (3). 130–139

Jalil, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Refleksi Edukatika. 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604

Jupriyanto, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 5(2). 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111

Palingrungi, B., Kadar, K. S., & Sjattar, E. L. (2021). Faktor Prediktor Kelulusan Ujian Kompetensi Ners Indonesia: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing). 7(1). 97–106. https://doi.org/10.33023/jikep.v7i1.704

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4).1350–1357. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.549

Parmiti, D. P. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis

Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 Di Sd Gugus Ii Kecamatan Tampaksiring. MIMBAR PGSD Undiksha,. 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10712

Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. 8(1). 73–80. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1148

Putra, S., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lks Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha. 5(2). 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11076

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I Gede. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Mimbar Pgsd. 2(1). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpgsd/Article/View/3087

Qurniati, D., Andayani, Y., & Muntari. (2015). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. E-Journal Penelitian Pendidikan IPA. 1(2). 12–23. https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i2.20

Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research. 3(3). 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). 4(1). 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Ratnadewi, A. (2018). Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 1(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14210

Rosarina, Gina., Sudin, Ali., & S. A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1). 371–380. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043

Rosdiana, Boleng, D. T., & Susilo. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. 2(8). 1060–1064. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9802

Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(2). 195-207. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.110

Setyaningrum, W., Riani, A. L., & Wardani, D. K. (2020). Comparison of Problem-Based Learning and Discovery Learning Model. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. 7(3). 305 – 313. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i3.1564

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi. 1(1). 76-81. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.408

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(3). 368– 378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan. 34(3). 334–346. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340

Suryawan, M. J. (2018). Komparasi Pelaksanaan Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Magelang). Indonesian Journal of History Education. 6(1). 66-75. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27355

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. 7(3). 210–215. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732

Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education. 6(1). 1–13. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27332

Widoretno, S., & Dwiastuti, S. (2019). Improving students’ thinking skill based on class interaction in discovery instructional: A case of lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 8(3). 347–353. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i3.20003

Yontri, A. (2019). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education Research & Learning In Faculty Of Education Journal On Teacher Education. 1(1). 35–44

Yun, I. W., Sunarto, dan S. A. T. (2015). Implementasi Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi. 1(5). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/7275/5057




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id