MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SDN 001 KEMPAS JAYA

Herliati Herliati

Abstract


Artikel ini membahas efektifitas model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran ini dapat melatih peserta didik untuk menuntaskan masalah-masalah dengan melalui pengetahuan yang telah dimiliki. Problem Based Learning atau PBL merupakan pendekatan dalam proses belajar mengajar dengan memakai suatu permasalahan yang nyata terjadi dalam kehidupan sebagai sebuah konteks untuk peserta didik menggali ilmu mengenai cara berpikir secara kritis. Penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan di SDN 001 Kempas Jaya. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa kelas VI (Enam). Pada siklus I, sebelum menerapkan pembelajaran berbasis masalah (PBL), memperlihatkan kemampuan berpikir kritis dengan ketuntasan klasikal 56% dengan rata-rata yang diperoleh 67.2. Sedangkan pada siklus II, nilai ketuntasan klasikal 88% dengan rata-rata diperoleh 77.3. Model pembelajaran berbasis masalah (PBL) secara keseluruhan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.


Keywords


berfikir kritis, problem based learning, matematika

References


Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem-based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar A Meta-analysis of Problem-based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools. Polyglot: Jurnal Ilmiah,14(1), 9-18.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Asriyadin, A., & Fatkhulloh, F. (2012). Pengaruh Moving Class dan Belajar di Pagi Hari terhadap Hasil Belajar Fisika. In Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-2 2012. 3(3). 187-196.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217–230

Hamdayama, J. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Laela, R. L. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Guided Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas 5 SDN 2 Mojotengah Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Respository.Uksw.Edu. 4(2), 228-238

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. 1(1). 45–53

Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), 107–121

Nuraini, F., & Kristin, F. 2017. Penggunaan Model Problem-Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. e-Journal Mitra Pendidikan, 1(4), 369-379

Permatasari, Norhayati Endah. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajara Kooperatif tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD. 3 (2). 96-104

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran "Berorientasi Standar Proses Pendidikan". Jakarta: Kencana

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto, S. 2017. Critical Thinking And Its Affecting Factors. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 1-11

Tilaar, H., Paat, J. P., & Paat, L. (2011). Pedagogik Kritis: Perkembangan, Substansi, dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Trimahesri, Inandhi., & Hardini, Tyas Asri Agustina. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Thinking Skills and Creativity Journal. 2(2). 111-120

Vitasari, R., Joharman, Suryandari, K.C. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendekia PGSD Kebumen. 4(3). 169-173

Vitasari, R., Joharman, & Suryandari, Kartika Chrysti, S.Aries, E. F. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendikia PGSD Kebumen. 4(3). 1–8

Wahyudi, Stefanus, Mulyani, P. K., Utari, A., & Lestari, W. (2012). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa S1 PGSD FKIP UKSW. Respository.Uksw.Edu. 4(2). 228-238

Wijayanti. 2014. Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model

Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 1 Polanharjo Klaten. Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1)

Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi

Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan

Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 10(2). 146–152.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id