UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PEMBINAAN DI SLB MELATI RUMBAI KOTA PEKANBARU

Maidar Maidar

Abstract


Dalam rangka meningkatkan peranan guru dalam proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa, maka guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan mampu mengelola kelas. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik dan mengevaluasi peserta didik, pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sementara pegawai dunia pendidikan merupakan bagian dari tenaga kependidikan, yaitu anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan. Dalam informasi tentang wawasan Wiyatamandala, kedisiplinan guru diartikan sebagai sikap mental yang mengandung kerelaan mematuhi semua ketentuan, peraturan dan norma yang berlaku dalam menunaikan tugas dan tangung jawab. Berdasarkan pengamatan sementara di SLB Melati Rumbai Kota Pekanbaru, ditemukan fenomena antara lain masih banyak guru yang datang terlambat ke sekolah, masih kurangnya Disiplin guru dalam mengajar dikelas, guru masih sering terlambat masuk kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Disiplin guru dalam mengajar dapat ditingkatkan melalui Pembinaan di SLB Melati Rumbai Kota Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di SLB Melati Rumbai Kota Pekanbaru sebanyak 26 orang guru. Dari uraian pengolahan data dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa Disiplin guru dalam mengajar didapatkan pada siklus I sebesar 62% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan kategori baik. Artinya bahwa Kegiatan Pembinaan dapat Meningkatkan Disiplin guru dalam mengajar di SLB Melati Rumbai Kota Pekanbaru.


Keywords


Disiplin guru dalam Mengajar, Pembinaan

References


Angraini, D. (2015). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Melalui Pembinaan Indivindu, Jurnal Manajer Pendidikan, 10(1), 96-103.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Asniwati. (2019). Peningkatan Disiplin Kerja Guru Melalui Peran Kepala Sekolah di SD Negeri 30 Mandau. Jurnal Pajar, 3(5).

Afifudin. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Badeni. (2013). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Hajar, S., & Putra, E, D. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kedisplinan Guru di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 5(4), 2256 – 2262.

Juliantoro, M. (2014). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al Hikmah, 5(2), 25.

Nugraheni. A. S & Ratna .R. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di MI Al Islam Tempel dan MI Al Ihsan Medari. Volume 1, Nomor 2. Jurnal Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2).

Permatasari, J, A, D. (2015). Pengaruh Disiiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1).

Rita. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Manajer Pendidikan, 10(4), 411–415.

Susanto Dkk. (2018). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar Pada Gugus 4 Kecamata. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 142–152.

Uriatman, M. (2015). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru, Jurnal Manajer Pendidikan, 9(6), 822-827.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id