LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR

Dwikky Bagus Pangestu

Abstract


Layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah dasar merupakan hal yang penting dalam dunia pendidikan hal ini berkaitan untuk membantu tugas perkembangn pada peserta didik yang mandiri, produktif, serta kreatif. Pada sekolah dasar layanan bimbingan dan konseling sebagian besar di lakukan oleh wali kelas yang dilaksanakan pada waktu jam pembelajarn. Wali kelas di sekolah dasar melaksankan layanan bimbingan dan konseling meliputi layanan dasar,layanan responsive, perenencanaan individual, dan dukungan sistem, dengan tujuan untuk membantu, mencegah serta mengatasi permasalahan yang dimiliki oleh peserta didik. Namun pada kenyataanya guru bimbingan dan konseling sebagian besar belum di tempatkan di sekolah dasar, begitu juga waktu khusu layanan bimbingan dan konseling belum tersedia. Hal ini menyebabkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling tidak berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang di lakukan oleh wali kelas dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di kota pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 wali kelas. Dengan alat ukur wawancara tertulis dan skala layanan bimbingan dan konseling dengan validitas instrumen 0,4 dan realibilitas 0,832. Analisis data dilakukan dengan uji analisis deskriptif dengan menggunakan rumusan persentase. Hasil Penelitian ini menunjukan layanan bimbingan konseling dalam perencanaan yang dilakukan oleh wali kelas di sekolah dasar kota pekanbaru berada pada kategori baik dengan persentase 65%, dengan melaksanakan menganalisis kepada siswa di sekolah dasar dari segi pribadi, sosisal, belajar dan karier. Layanan bimbingan konseling dalam pelaksanaan yang dilakukan oleh wali kelas di sekolah dasar kota Pekanbaru berada pada kategori baik dengan persentase 63 %, dengan melaksanakan bimbingan kelompok yang terintergrasikan yang bertujuan untuk mengembangkan karakter pada siswa di sekolah dasar, melaksanakan layanan informasi mengenai komunikasi yang baik dan benar, berkolaborasi dengan guru dan orang tua siswa. Layanan bimbingan konseling dalam evaluasi yang dilakukan oleh wali kelas di sekolah dasar kota pekanbaru berada pada kategori cukup baik dengan persentase 59 %, dengan melaksanakan alih tangan kasus kepada yang lebih profesional untuk memecahkan masalah pada siswa, serta melakukan program tindak setelah melaksanakan program layanan bimbingan konseling di sekolah dasar.

Keywords


Bimbingan dan konseling, sekolah dasar, wali kelas

References


Am, J., Wibowo, A., & Widiastuti, H. A. (2020). KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Seputih Agung Lampung Tengah) TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Counseling Millenial (CM), 1(1), 9–23.

Amalianingsih, R., & Herdi, H. (2021). Studi Literatur: Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Penyelenggaraan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 5(1), 50. https://doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1071

Astuti, A. (2006). Layanan BK. Digilib.Uinsby.Ac.Id, 25–88.

Atmaja, S. D., Harapan, E., & NurLela, N. (2019). Implementasi Peran Wali Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Smk Negeri 1 Benakat. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 125. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4700

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 93–106.

Ditjen Guru dan Tenaga pendidikan. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Ditjen Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, 1–144.

Gita, K. nur, & Perianto, E. (2020). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGUBAH PERSEPSI NEGATIF SISWA SMP DI YOGYAKARTA TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(1).

Martanti, F. (2018). Peran Guru Kelas Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sdn Watuaji 01 Kabupaten Jepara. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 6(2), 18–31. https://doi.org/10.31942/mgs.v6i2.1776

Muis, T. (2006). Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Smp Negeri Dan Smp Swasta. 2(1), 1–8.

Permana, S. A., Syahniar, S., & Daharnis, D. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kerinci. Jurnal Konselor, 3(4), 168–179.

Purwaningrum, R. (2018). Bimbingan Konseling Komprehensif sebagai Pelayanan Prima Konselor. Ilmiah Konseling, 18(1), 18–27. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIK/article/view/717/520520569

Sukadari, S. (2021). Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Sangat Dibutuhkan. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 67–74. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1204

Sultani, D. I. (2018). Manajemen Bimbingan Konseling Di Smp Negeri Satu Batang Kuis Deli Serdang. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 2(2), 257–264. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v2i2.65

Supriyanto, A. (2016). Kolaborasi Konselor, Guru, Dan Orang Tua Untuk Mengembangkan Kompetensi Anak Usia Din Melalui Bimbingan Komprehensif. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 42–49.

Sutrina. (2019). LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING: BAGI GURU MATA PELAJARAN Sutirna. LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING Ar-Rahman, 5, 6–16.

Trisnowati, E. (2016). PERAN KONSELOR DI BERBAGAI SETTING SEKOLAH. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2), 165–172.

Z. Aqib. (2016). Ikhtisar Bimbingan dan Konseling. YRAMA WIDYA.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id