PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS SELF LEARNING PADA MATA KULIAH KARYA TULIS ILMIAH

Suarlin Suarlin, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien, Iwan Setiawan

Abstract


Di era saat ini, dosen dan guru harus lebih memperhatikan tuntutan industri 4.0 dalam menghasilkan media pembelajaran berbasis teknologi yang lebih inventif dan kreatif guna menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital  interaktif berbasis self learning pada mata kuliah karya tulis ilmiah, yang dilaksanakan di Universitas Negeri Makassar pada bulan November 2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development). Instrumen pengumpulan data observasi, angket, dan wawancara, sehinga analisis data mengunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil pengembangan ini menunjukan bahwa kelayakan produk modul digital interaktif berbasis self learning yang dihasilkan dapat dilihat dari nilai akhir yang diperoleh penilaian ahli media dan materi pada uji alfa dan juga penilaian pengguna pada uji beta. Dimana nilai akhir yang diperoleh dari ahli media sebesar 90,62% dengan kategori sangat layak, kemudian nilai akhir yang diperoleh dari ahli materi sebesar 90,51% dengan kategori sangat layak, dan nilai akhir yang diperoleh dari penilaian pengguna sebesar 94,01% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian disimpulkan bahwa produk modul digital interaktif berbasis self learning sangat layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk mahasiswa PGSD.


Keywords


Modul Digital Interaktif, Karya Tulis Ilmiah

References


Alfin, J. (2018). Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 60–66. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2511

Amrulloh, Y. A. I. N. (2020). Pengembangan Kaligrafi Digital Berbasis Aplikasi Android Untuk Pembelajaran Khat Araby. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8, 42–54. https://pdfs.semanticscholar.org/d4a0/2f268ddc41fd925c3ad13dbfd36fc8f175c9.pdf

Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 911–918. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/452

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Iwan Ady Prabowo, H. W. B. W. Y. S. N. (2020). Pemrograman Mobile Berbasis Android (Teori, Latihan dan Tugas Mandiri).

Juanda, A. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu. In Teori dan Praktik Pembelajara Tematik Terpadu Beroientasi Landasan Filosofis, Psikologis dan Pedagogis.

Nopiani, R., Made Suarjana, I., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Citacitaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058

Nugrahani, R., & Rupa, J. S. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Rina Septina, dan A. (2019). Meningkatkan Profesionalisme Guru Dalam Menghadapi. Prosiding Universitas PGRI Palembang, 713–724.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta: Alfabeta.

Suryati, S., Ihsan, M. S., & Huliadi, H. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash Untuk Menumbuhkan Literasi Sains. Reflection Journal, 1(2), 82–92. https://journal-center.litpam.com/index.php/RJ/article/view/671%0Ahttps://journal-center.litpam.com/index.php/RJ/article/download/671/437.

Umam, K. (2017). Analisis Diskriminan Melalui Metode Fisher Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Materi Bangun Ruang Pada Kelas Viii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Natural Unsyiah, 15(1), 116209.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.

Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 247–254. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id