MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SMPN 1 BENAI

Erwandri Erwandri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation. Group investigation merupakan metode pembelajaran cooperative learning mengajak siswa untuk berperan serta dalam kelompok mengungkapkan pendapatnya serta siswa dituntut untuk melakukan kerjasama dengan para anggota kelompoknya. Hasil belajar seseorang tergantung kepada apa yang telah diketahui tentang pembelajaran konsep–konsep, tujuan dan motivasi yang mempengaruhi interaksi dengan bahan yang dipelajari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu  berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Subjek penelitian ini Siswa kelas VII SMPN 1 Benai berjumlah 22 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan bulan April-Mei 2022. Dapat dilihat dari tes awal hasil siswa masih tergolong rendah yaitu rata-rata 59.09%. Dari hasil tes siklus I siswa mengalami peningkatan tetapi masih berada dalam kategori sedang, yaitu rata-rata 77.27%. Sedangkan hasil tes siklus II siswa mengalami peningkatan yang signifikan berada dalam kategori sangat tinggi, yaitu rata-rata 90.90%. Sehingga penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Group Investigation

References


Ahwan, Yumandil., & Mohammad, Fitri. (2018). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Imaculata Magepanda Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka. Jurnal OIKOS. 3(1), 1-11

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi project based learning (PJBL) berpendekatan science education terhadap kreativitas peserta didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 146-150. doi: 10.24176/re.v7i2.1225

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arifin., Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arisanti, D. (2012). Peran guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas x SMA PGRI 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9).

Damayanti, E., Wasitohadi., Rahayu, T. S. (2018). Upaya peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran group investigation berbantuan media video Pada siswa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter,1(1), 361-366. doi: 10.31764/pendekar.v1i1.384.

Fauziah, S. I. & Habibah, S. (2017). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui lesson study di kelas V SD N Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30-38

Hartanti., Yuli. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Karangploso. Cendikia. 11(1), 65-78

Hariyanto., Suryono (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Indartik. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Pada Siswa Kelas VI Semester I SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang. 3(3). 1-7

Indrawati. (2018). Pembelajaran group investigation meningkatkan hasil belajar siswa. Jekpend:Jurnal Ekonomi dan Pendidikan,1(1), 17-26. doi: 10.26858/jekpend.v1i1.5056

Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8(1). 26-40.

Muliyantini, P. & Parmiti, D. P. (2017). Penerapan model pembelajaran group

investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 91-98. doi: 10.2388/jisd.v1i2.10143

Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2019). Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 130-141. doi:10.20527/bipf.v6i1.4471

Sukasni, N. K. (2019). Model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(2), 122-131. doi:10.23887/jiis.v5i2.22517

Sulfemi, W. B. & Supriyadi, D. (2017). Pengaruh kemampuan pedagogik guru dengan hasil belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutemo, 18(2), 1-19. doi: 10.31227/osf.io.8wcb9

Sumertha, I. G. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 195-202. doi:10.23887/jp2.v2i2.17908.

Supraptono, E. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Multimedia Interaktif Dalam Materi Microsoft Excel 2007. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 16(4).

Supriyati, & Mawardi. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group

Investigation (GI) dan Inquiry dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD. Scholaria. 5(2). 80-96

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. doi: 10.32585/jkp.v2i2.114

Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Grafindo Perkasa

Umaroh, M. (2013). Upaya Meningkatan Kecerdasan Bahasa melalui Model Cooperative

Learning pada Siswa Kelompok B di RA Muslimat NU Desa Kandang Kecamatan

Comal Kabupaten Pemalang. Indonesian Journal of Early Childhood EducationStudies, 2(1).

Widiana, I Wayan. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. 6(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.9017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id