The Effect of Basic Literacy Activity on the Fifth-Grade Elementary Students’ Reading Interest

Theresia Gulo, Rumiris Lumban Gaol, Patri Janson Silaban, Bogor Lumbanraja, Dyan Wulan Sari H.S

Abstract


This paper explains the effect of basic literacy activity on the reading interest of grade V students at UPT SD Negeri 068008 Medan Tuntungan for the academic year 2022/2023. The study uses quantitative methods. The research population is 29 fifth-grade students of UPT SD Negeri 068008 Medan Tuntungan. The sampling uses saturated samples for 29 VA class students. The result implies that the student’s average score is 82.2, which is in the moderate category before the treatment. Based on the normality test result at 0.936, the data are normally distributed. The result of the correlation test is 0.720, which means rcount 0.720 ≥ rtable 0.367, then Ha is accepted. Thus, there is a considerable effect between basic literacy activity on students' reading interest in class V UPT SD Negeri 068008 Medan Tuntungan. It can be seen from the T-test result where the tcount 5,391 ≥ ttable 1,703 so Ha is accepted. Hence, there is a significant positive effect of basic literacy activity on students' reading interest in class V of UPT SD Negeri 068008 Medan Tuntungan for the academic year 2022/2023.


Keywords


basic literacy activity, reading interest, elementary students

Full Text:

PDF (ENGLISH)

References


Anjani, S. N. Dantes, G. Artawan. 2019. Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Jurnal: PENDASI

Artana. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Jurnal: kemdikbud.go.id

Crow & Crow. (2001). Pembinaan Minat Baca. Jurnal. Ejournal.bsi.ac.id. Noor, J. (2011).

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis, Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dyan Wulan Sari HS. (2021). Literasi Numerik Di Sd Swasta Pkmi Efesus Aek Batu. Jurnalsekolah

Endraswara, S. 2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Kota Kembang.

Faizah, Utama Dewi, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Pertama; K. Wiedarti, Pangesti & Laksono, Ed.). Jakarta: Direktoray Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/40/

Hasibuan Asnita. (2022). Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Universitas katolis santo Thomas Medan. Jurnal google scholar.

Heri Widodo. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Penerbit: Mutiara Aksara

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan. Kualitatif).

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI. (2016). Panduan Gerakan Literasi Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kebudayaan RI. (2017). Materi Panduan Literasi Baca-Tulis. Jakarta: Kementerian Pendiidkan dan Kebudayaan RI.

Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kebudayaan RI. (2018). Menumbuhkan Minat Baca Pola Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kusumastuti Adhi, dkk (2020), Metode Penelitian Kuantitatif. CV. BUDI UTAMA-Yogyakarta.

Lumban Gaol Rumiris. (2020). The Influence of Used Good-Based Learning Media on the Value of Chracter Education and Student's Motivation to Study. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal

Lumban Raja Bogor. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas V SD. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3071

Malawi, Tryanasari & Kartikasari. (2017). Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Magetan; CV AE Media Grafika.

Maryono, dkk (2020). Implementasi Literasi Baca-Tulis dan Sains di SD. Jurnal Basicedu.

Nisa. (2019). Minat Baca yang Mempengaruhi oleh Koleksi Fiksi. Pustaka Taman Ilmu

Padmadewi, Ni Nyoman dan Luh Putu Artini. (2018). Literasi di Sekolah, dari Teori ke Praktik. Bali: Nilacakra Publishing House.

Rahim Farida. (2011). Pengaruh program literasi sekolah terhadap minat baca peserta didik SMAN 2 Gadingrejo. Jurnal pendidikan.

Riyanto, Slamet dan Aglis Andhita H. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Setyawan, Ibnu Aji. (2018). Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi. Retrieved from: https://guru digital.id

Silaban P. J. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu.

Silaban, P. J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VI SD Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1), 107-126.

Silaban, P. J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VI SD Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1), 107-126.

Silaban, P. J. (2015). Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VI SD Methodist-12 Medan Tahun Ajaran 2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Silaban, P. J., & Hasibuan, A. (2021). Hubungan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cat Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 48-59.

Silaban, P. J. (2019). Efektivitas Pembelajaran Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Alat Peraga Di Kelas Vi Sd Methodist-12 Medan Pada Kompetensi Dasar Luas Bangun Datar Sederhana. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(2), 175-199.

Silaban, P. J. (2017). Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Alat Peraga Montessori Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD ASSisi Medan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 502-511.

Siti Hindasah, Walli. (2023). Peran Ilustrasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan, agama dan budaya.

Soeatminah. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series

Sudarsana, Bastiano (2010). Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudarsana. (2014). Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surajiyo, Nasruddin and Paleni, H. (2020) Penelitian Sumber Daya Manusia: Pengertian, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta:

Deepublish.

Teguh Mulyo. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Survei Pendidikan, 1 (1).

Wiedarti, dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Winarni, Endang Widi. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Wiryodijoyo, Suwaryono. 1989. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

Yunus, dkk (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi meningkatkan kemmapuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara

Yusrawati. (2019). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Literasi Baca-Tulis Melalui Program GLS. Jurnal Bahasa.

Zumrotus Sa’diyah. (2015). Pembinaan Minat Baca Siswa Mi Menurut Pendidikan Islam. Jurnal pendidikan islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v7i6.9630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id