PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS 1 SD NEGERI 004 TERATAK BULUH
Abstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN siswa kelas 1 SD Negeri 004 Teratak Buluh masih rendah. Pembelajaran PPKN selama ini berlangsung hanya berpusat kepada guru yang menyampaikan materi dengan metode ceramah. Guru belum mampu memilih model pembelajaran dengan memerhatikan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pemilihan model pembelajaran yang belum tepat belum mampu meningkatkan hasil belajar PPKN siswa. Untuk itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) usaha untuk meningkatkan hasil belajar PPKN Siswa dengan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas 1 SD Negeri 004 Teratak Buluh. Penelitian ini merupakan jenis PTK yang bersifat kualitatif deskriptif. PTK ini dilaksanakan di SD. Negeri 004 Teratak Buluh Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD. Negeri 004 Teratak Buluh yang terdiri dari 23 orang siswa. Waktu PTK dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018, yaitu bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi guru, lembar aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Setelah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilaksanakan, Rata-rata peningkatan persentase aktivitas guru pada siklus pertama pertemuan (1 dan 2) adalah 62,50%. Kemudian meningkat pada pertemuan (3 dan 4) menjadi 68,70% dengan peningkatan 6,25 %. Siklus kedua pertemuan (5 dan 6) mengalami peningkatan menjadi 78,13% dengan peningkatan 9, 38% dan pertemuan (7 dan 8) meningkat menjadi 84, 38% dengan peningkatan sebesar 6,25%. Rata-rata peningkatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus pertama pertemuan (1 dan 2) adalah 68,70 %. Kemudian meningkat pada pertemuan (3 da 4) menjadi 78,13% yang dengan peningkatan 9,38%. Siklus kedua pertemuan (6 dan 7) adalah 81,25% meningkat pada pertemuan (8 dan 9) menjadi 87,50% dengan peningkatan sebesar 6,25%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar PPKN siswa dari skor dasar ke siklus pertama yaitu dari rata-rata 53 menjadi 70 dengan peningkatan sebesar 17 poin dan peningkatan hasil belajar dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu dari rata-rata 70 menjadi 80 dengan peningkatan sebesar 10 poin. Dari hasil PTK dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas I SDN 004 Teratak Buluh Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar tahun ajaran 2017/2018.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6830
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id