PENGEMBANGAN KOTARA (KOMIK CERITA RAKYAT) “ASAL MULA DESA ALIANTAN” UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Silvia Eka Putri, Otang Kurniaman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik cerita rakyat “Asal Mula Desa Aliantan” dan mengetahui kelayakan komik cerita rakyat “Asal Mula Desa Aliantan” tersebut. Produk komik cerita rakyat ini dibuat menggunakan aplikasi Clip Studio Paint. Metode penelitian yang digunakan adalah model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu Define (Pendefenisian). Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran) dan hanya dibatasi sampai tahap tiga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, instrumen penelitian yang digunakan telah melalui proses validasi dengan validator. Jenis data yang dihasilkan berupa data kuantitatif yang dianalisis menggunakan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil validasi dari para ahli menyatakan bahwa produk KOTARA (Komik Cerita Rakyat) Asal Mula Desa Aliantan untuk siswa Sekolah Dasar yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan. Penilaian ahli desain produk dengan persentase rata-rata sebesar 91.66% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli bahasa dengan persentase rata-rata 92.70% dengan kategori sangat layak, dan pengguna lapangan berdasarkan desain produk dengan persentase rata-rata 86.10% serta penilaian dari pengguna lapangan berdasarkan penggunaan bahasa dengan persentase 85.41% dengan kategori sangat layak.


Keywords


komik cerita rakyat, sekolah dasar

References


Danandjaja. (2013). Cerita Rakyat Masyarakat Rambah Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau, 1.

Daryanto. (2017). Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter pada Materi Daya Alam untuk Siswa MI/SD. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 189-195.

Khotimah. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 28-35.

Lickona. (2013). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Korpus, 7(1), 40-49.

Purwaningrum, I. A. (2019). Menggali Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 44-52.

Sugiyono. (2012). METODE PENELITIAN (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN (Pendekatan Kulitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryanto, E. (2017). Model Pendidikan Karakter Berbasis Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Media Wayang Kancil. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2.

Thiagarjan. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Konteks NanoSelilosa untuk membangun Literasi Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia, 4.

Walyuyanto. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal Of Innovative Education, 10(4), 20-30.

Wurianto. (2009). Pengembangan Media Komik untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukatif (JPSE), 11(4), 20-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id