PENGARUH SARANA PRASARANA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU

Elfiza Elfiza, Gusnardi Gusnardi, Sumarno Sumarno

Abstract


Artikel ini membahas tentang pengaruh sarana prasarana sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah se Provinsi Riau. Hasil pengamatan dilapangan terdapat guru yang belum mampu mengelola dan memanfaatkan sarana prasarana pembelajaran. Hal ini dimungkinkan karena kurangnya pemahaman guru dalam menggunakan media pembelajaran. Selain itu terdapat juga persinggungan antara sesama rekan kerja karena adanya persaingan dan mengakibatkan kondisi kerja tidak nyaman dan kondusif. Penelitian yang dipaparkan pada artikel ini menggunakan rancangan penelitiannya berbentuk studi pengaruh, yaitu untuk mengetahui pengaruh antara ketiga variabel yaitu variabel independen atau bebas Sarana Prasarana sekolah (X1), Komunikasi Interpersonal (X2) dan variabel dependen atau terikat Kinerja Guru (Y). Populasi penelitian sebanyak 5 SMA Muhammadiyah se Provinsi Riau, yaitu SMA Muhammadiyah Tembilahan, SMA Muhammadiyah Bagan Batu, SMA Muhammadiyah Rambah, SMA Muhammadiyah Bangkinang dan SMA Muhammadiyah Kota Dumai. Sampel penelitian sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara sarana prasasrana sekolah secara bersama sama terhadap kinerja guru SMA Muhammadiyah di Provinsi Riau sebesar 66,9% dari 100% harapan yang diinginkan


Keywords


sarana prasarana, komunikasi interpersonal, kinerja guru

References


Arikunto, S., dan Yuliana. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta, Adita Media.

Ariyanti, M. (2016). Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru dan motivasi kerja sebagai variabel intervening (Studi di SMAN 1 Muko-Muko).

Barnawi., dan Mohammad, A. (2104). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media.

Usman, B. (2013). Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja pegawai pada fakultas ekonomi Universitas PGRI Palembang. Media Wahana Ekonomika, 10(1), 1 -18.

Bongani, K. (2014). Exploring educators’ perceptions of the impact of poor infrastructure on learning and teaching in rural south african schools. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(20), 200-220.

Chamundeswari. (2013). Job satisfaction and performance of school teachers. International journal of academic research in business and social science. Chennai, 3(5). 100-120.

Fauziana, D. (2017). Pengaruh sarana prasarana dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di pondok pesantren al-islam joresan mlarak Ponorogo. Jawa Timur.

Handayani, B. (2005). Pengaruh tingkat pendidikan,sarana prasarana danlingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Karang dowo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Usman, H. (2008). Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang Undang Nomor 20. (2013). Tentang sistem pendidikan nasional.

Undang Undang Nomor 14. (2005). Tentang guru dan dosen.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id