IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SDN CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA

Fitri Yanni, Syarip Hidayat

Abstract


Rendahnya karakter peduli lingkungan di sekolah dasar mendorong pemerintah Dinas Lingkungan Hidup membentuk program Adiwiyata untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan pada siswa melalui berbagai kegiatan berwawasan lingkungan. Penelitian pada artikel ini bertujuan untuk menganalisis penerapan program Adiwiyata untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan siswa di SDN Cibeureum Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian melibatkan kepala sekolah, koordinator program Adiwiyata, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan karakter sangat beragam, salah satunya dengan adanya program Adiwiyata. Program ini dapat mengembangkan karakter peduli lingkungan pada siswa melalui serangkaian kegiatan yang disusun, seperti pembentukkan jadwal piket, kegiatan merawat tanaman mulai dari pemupukan, penanaman sampai penyiraman, kegiatan membuang sampah dengan memperhatikan jenis sampah seperti sampah organik, sampah anorganik dan sampah berbahaya. Penelitian pada artikel ini dapat memberikan wawasan dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata serta dapat menjadi motivasi bagi sekolah lain untuk ikut serta melaksanakan program Adiwiyata di Sekolah Dasar.


Keywords


program adiwiyata, karakter, siswa, peduli lingkungan

References


Arent, E., Sumarmi, S., Utomo, D. H., & Ruja, I. (2020). Improving Students’ Environmental Care Character Through Positive Character Camp (Pcc) Program. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4), 1329–1343. https://doi.org/10.17478/jegys.771681

Barbier, E. B. (2015). Nature and Wealth Overcoming Environmental Scarcity and Inequality. United Kingdom (1 ed.). United Kingdom: Palgrave Macmillan UK.

Dharmika, I. B. (2018). Paradigma Ekosentrisme vs Antroposentrisme Dalam Pengelolaan Hutan. Seminar Nasional Prodi Biologi F. Mipa UNHI, 9–17.

Esmaeilpour, M. (2015). Investigating The Impact Of Environmental Attitude On The Decision To Purchase A Green Product With The Mediating Role Of Environmental Concern And Care For Green Products. https://doi.org/10.1515/mmcks-2017-0018.Introduction

Hamidayati, & Hidayat, S. (2020). Pendidikan Karakter; Fenomena Perilaku Mencontek pada Siswa di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 175–185.

Hidayat, S., & Nur, L. (2017). Nilai Karakter, Berpikir Kritis Dan Psikomotorik Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, 13(1), 29–35.

Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35. https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41

Kostova, Z., & Atasoy, E. (2008). Methods of Successful Learning in. Journal of Theory and Practice in Education, 4(1), 49–78.

Meyzilia, A. (2015). Hubungan Antara Keterlibatan Siswa Pada Program Adiwiyata Dengan Partisipasi Siswa Dalam Pengelolaan Lingkungan Tempat Tinggal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata Di Dki Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110–126. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266

Nuzulia, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. 6(2), 155–164.

Pemerintah Pusat. (2019). Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air. Jdih Bpk Ri Database Peraturan, (011594), 50. Diambil dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/122742/uu-no-17-tahun-2019

Ramdhani, R. B. (2017). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah Di Smpn 3 Sukabumi. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(2), 265. https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i2.4711

Seran, E., Y., & Mardawani. (2021). Penguatan Nilai Karakter Siswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Masa Pandemi Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidkan, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.4142

Yuliana, N., Dahlan, M., & Fahri, M. (2020). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 15–24. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15872




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id