PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD

Jesica Septiana Situmorang, Anton Sitepu, Juliana Juliana, Patri Janson Silaban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD Negeri 067246 Medan tuntungan tahun pembelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling menggunakan dua kelas dan sampel sebanyak 58 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example termasuk kategori baik sekali dengan rata-rata  80.27.  Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikansi hasil belajar adalah Lhitung ˃ Ltabel  yaitu 0.200 < 0.05. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikansi dari hasil belajar berdistribusi normal.Pada pengujian homogenitas, nilai koefisien sebesar 0.904 artinya rhitung ˃ rtabel 0.05. Maka terdapat pengaruh varians data hasil tema 7 homogen. Hasil pengujian uji-t dimana  thitung ˃ ttabel yaitu 2.935 ˃ 1.699 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


hasil belajar, model kooperatif tipe example non example

References


Anzelina, D. (2014) ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VA SDN No. 101731 Kampung Lalang’, (4), pp. 1–18.

Arikunto, S. (2018) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2014) Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (Anggota IKAPI).

Fathurrohman, M. (2015) Model-model Pembelajaran Inovatif. I. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Hades Martua P. Purba, Anton Sitepu, P. J. S. U. (2020) ‘Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), pp. 242–247.

Hamalik, O. (2013) Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. (2017) Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani (2017) 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Istirani and Pulungan, I. (2018) Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, I. dan Sani, B. (2016) Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. IV. Yogyakarta: Kata Pena.

Kurniawan, D. (2019) Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Lubis, E. (2015) Strategi Belajar Mengajar. Medan: Perdana Publishing.

Manullang, M. dan Pakpahan, M. (2014) Metodologi Penelitian. Bandung: Citrapustaka Media.

Ngalimun (2017) Strategi dan Model Pembelajaran. I. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurmala, D. M. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengaruh Model Pembelajaran Example Non’.

Paulinus Samuel, Y. B. (2020) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Ips’, Jurnal Pembelajaran Prospektif, 5(1). doi: 10.26418/jpp.v5i1.40515.

Purwanto (2019) Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman (2019) Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sagala, S. (2017) Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. (2016) 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Slameto (2019) Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriwilujeng, D. (2017) Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Malang: Erlangga.

Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016) Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Trianto (2011) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. IV. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardika, Sulastri dan Dibia (2014) ‘Pengaruh Model Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring’, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3091.

Wati, R. W., Bramasta, D. dan Irianto, S. (2020) ‘Penerapan Model Pembelajarn Example Non Example Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Tema 7 Di Kelas V Sd Negeri 3 Kotayasa’, Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), p. 201. doi: 10.25157/wa.v7i2.3757.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id