PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD

Meysi Damayanti, Regina Sipayung, Ester Julinda Simarmata, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel ini menggambarkan sebuah hasil penelitian terkait pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian melibatkan 31 siswa kelas V SDN 105327 Perdamean Kecamatan Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Hasil belajar pretest diperoleh rata-rata yaitu 66,96 dengan kategori cukup. Setelah peneliti memberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model Quantum Teaching, peneliti selanjutnya memberikan post test dan diperoleh rata-rata yaitu 83,06 dengan kategori baik sekali. Hasil pengolahan data dan nilai signifikan model Quantum Teaching yang diperoleh adalah 0,200  0,05 sedangkan hasil belajar siswa signifikannya menunjukkan 0,200 ≥ 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat diketahui bahwa nilai signifikan dari model Quantum Teaching dan hasil belajar siswa lebih besar dari 0,05, maka hasil belajar siswa berdistribusi normal. Dari hasil penelitian uji hipotesis (uji-t) menunjukkan bahwa model Quantum Teaching memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Hal tersebut terbukti dari nilai thitung ≥ ttabel sebesar 6,023 ≥ 1,697. Maka dengan demikian Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara model Quantum Teaching (X) dengan hasil belajar siswa (Y).


Keywords


model quantum teaching, hasil belajar siswa, matematika

References


Agus, K., Wayan, N., & Wayan, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasilbelajar Ipa Kelas V Semester II Di Gugus Vi Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Journal PGSD, 5, 1–10.

Agustin. (2011). Panduan Untuk Guru, Konselor, Psikolog, Orang Tua, dan Tenaga Kependidikan (A. Kmsyach (ed.); 2nd ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan (7th ed.). PT Rineka Cipta.

Darmadi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (1st ed.). Alfabeta.

Deporter. (2014). Quantum Teaching (3rd ed.). PT Mizan Pustaka.

Djamarah. (2019). Psikologi Belajar (3rd ed.). PT Rineka Cipta.

Fathuroman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif (N. Hidayah (ed.); 1st ed.). AR ruzz media.

Hamzah & Muhlisrarini. (2014). Perencnaan dan Strategi Pembelajaran Matematika (Octiviena (ed.); 1st ed.). PT Rajagrafindo Persada.

Istirani, P. (2018). Ensiklopedia Pendidikan (2nd ed.). Anwar Sembiring.

Khairani. (2017). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.

Kosasi. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan (1st ed.). Alfabeta.

Kunto, A. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). PT Rineka Cipta.

Mudjiono, D. (2015). Pelajaran dan Pembelajaran (5th ed.). PT Rineka Cipta.

Nuraini Rajagukguk, Ester Julinda Simarmata, D. A. (2010). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDNegeri 097375 Tiga Raja. 8719(2006), 33–43.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar (B. Santoso (ed.); 3rd ed.). Pustaka Belajar.

Rahayu, V., & Budiyono. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar Abstrak. Jpgsd, 7(3), 2787–2796.

Regina, S., Saurma, S., & Darinda Sofia, T. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun.10(4). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/20936/14853

S. Sagala. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar.

Setiawan, I. G. Y. (2015). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Vi Di Gugus Iv Kecamatan Petang. E-Journal PGSD, 3.

Sitanggang, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 050600 Kuala Tahun Pembelajaran 2018/2019. 1, 22–43.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi (5th ed.). Rineka Cipta.

Soimin. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (R.KR (ed.)). AR ruzz media.

Sudjana. (2016). Metode Statistika (ketujuh). TARSITO.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D (25th ed.). Alfabeta.

Supramono, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran quantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD YPS Lawewu kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4, 367–375.

Suprijono. (2015). Cooperative Learning (J. Supriyanto (ed.); 14th ed.). Pustaka Belajar.

Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar (4th ed.). Prenada Media Group.

Wena. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (S. G. Offset (ed.); 5th ed.). PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id