PENGARUH MODEL PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR

Indah Karuniati Laila, Regina Sipayung, Ribka Kariani Sembiring, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel ini menjelaskan tentang pengaruh model Pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode penelitian semu. Populasi dalam penelitian adalah 60 siswa SD Negeri 101900 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2020/2021. Populasi kelas IV A sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Hasil belajar matematika siswa pada materi Bangun Datar kelas IV A semester genap menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen menggunakan pemberian model pendidikan matematika realistik sebelum dilakukan perlakuan mendapatkan rata-rata pre-test 55,80 dengan tingkat kategori kurang dan setelah diberikan perlakuan model Pendidikan matematika realistik mendapatkan rata-rata post-test 81,29 dengan tingkat kategori baik sekali. Hasil belajar matematika siswa pada materi Bangun Datar kelas IV B semester genap menunjukkan bahwa pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional sebelum dilakukan perlakuan mendapatkan rata-rata pre-test 52,70 dengan tingkat kategori kurang dan setelah diberikan perlakuan metode konvensional mendapatkan rata-rata post-test 74,62 dengan tingkat kategori baik. Berdasarkan analisis dengan uji-t, maka diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 1,745 > ttabel =1,671 dengan taraf signifikansi α = 0,05 atau 5%. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Ha dinyatakan diterima karena rata-rata hasil belajar dengan model pendidikan matematika realistik berpengaruh dari pada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional.


Keywords


model pendidikan matematika realistik, hasil belajar siswa, materi bangun datar

References


Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Revisi). PT Rineka Cipta.

Brooks. (1993). Strategi Pembelajaran (Edisi kedua). Prenadamedia.

Claudia. (2020). “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2019/2020.” Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 210–221.

Dalyono, M. (2012). Psikologi Pendidikan (Ketujuh). PT Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosisal (Terbaru). Alfabeta.

Darsono, & (Basri, H. (2013). Landasan Pendidikan (B. A. Saebani (ed.); 1st ed.). CV PUSTAKA SETIA.

Djamarah, S. (2018). Psikologi Belajar (Ketiga). PT Rineka Cipta.

Djamarah (Kholik). (2011). Metode pembelajaran konvensional (pertama). Media pustaka.

Elhusna, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Mate matika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar. 8(10), 149–158.

Endang Komara (Muhammedi). (2017). Psikologi Belajar (M. Ilyas & Istarani (eds.); Pertama). LARISPA Indonesia.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif (N. Hidayah (Ed.); Pertama). Ar-Ruzz Media.

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif (M. Siddik & Abdussalarn (eds.)). Media Persada.

Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.

Khairani, & (Simanjuntak, S. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Menggunakan Konteks Budaya Batak Toba.

Kokasih, N., & Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan ((A. Rukajat (ed.);1 st Ed). (ed.)). Alfabeta.

Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran (E. Kuswandi (ed.); Keempat). PT Remaja Rosdakarya.

Manuaba, I. B. S. (2014). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Ngatidjo, M. (2004). Pendidikan Matematika Realistik. Alfabeta.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian (Pertama). Prenadamedia.

Rahmayanti, T. (2014). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Tazkir, Vol.9, 109–123.

Reza, M. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Keliling Bangun Datar Di Kelas Iv Sd Negeri 1 Pancawarna. Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7–58.

Roestiyah N.K. (1998). Model-model Pembelajaran (edisi terb). Media, AR- Ruzz.

Sanjaya. (1995). Strategi Pembelajaran Konvensional (pertama). PT Refika Aditama.

Santyasa (Widiantari). (2012). Model pembelajaran konvensional (pertama). PT Rineka Cipta.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (R. KR (ed.); 1st ed.). Media, AR- Ruzz.

Silaban, P. J. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Kebersamaan Di kelas IV. Jurnal Education FKIP UNMA, 6(2), 344–349.

Simanjuntak, S. D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Menggunakan Konteks Budaya Batak Toba. Jakad Publishing.

Sipayung, R. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun. 10(4). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/20936/14853

Situmorang, A. S., & Sembiring, R. K. (2017). Volume 3, Nomor 1, Edisi Mei 2017. Pengaruh Pendekatan Somatif Audiotori Visual Dan Intelektual Terhadap Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematika, 3, 1–7.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya (1st ed.). PT Rineka Cipta.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sepuluh). Alfabeta.

Sukandi. (2003). Metode Pembelajaran Konvensional (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar (1st ed.).

Suwarsono (Romauli). (2013). Pendidikan Matematika Realistik.

Syahrul. (2013). Model Konvensional (Ketiga). Media Persada.

Wijaya, A. (2019). Pendidikan Matematika Realistik (1st ed.). Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id