ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SD

Alda Barimbing, Antonius Remigius Abi, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel ini membahas analisis faktor rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari subyek atau aktor dan perilaku yang dapat diamati. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui secara mendalam dan berusaha menemukan makna yang mendasarinya mengenai minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Informan dalam wawancara melibatkan 7 orang dimana 3 siswa menjadi informan utama yang memiliki nilai rendah matematika, 3 orang tua, 1 guru wali siswa kelas VI di SDN 038095 Barisan Sirait Kecamatan Sinehi Kabupaten Dairi. Untuk mengetahui faktor-faktor rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika, peneliti melakukan observasi langsung dan melakukan wawancara. Setelah menemukan hasil wawancara, peneliti mendapatkan informasi bahwa siswa yang memiliki minat belajar matematika rendah dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya (1) waktu istrahat siswa kurang di rumah, (2) siswa tidak tertarik belajar matematika, (3) orangtua tidak pernah membantu siswa dalam belajar, (4) ketakutan siswa bertanya pada guru, (5) media dan alat pembelajaran tidak pernah digunakan di kelas, (6) orangtua tidak pernah mendampingi siswa belajar matemtika, (7) siswa tidak mengetahui bagaimana mengembangkan minat dari diri sendiri.


Keywords


minat belajar, pembelajaran matematika, siswa sekolah dasar

References


Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p085

Ahmani, A., & Supriyono, W. (2019). Psikologi Belajar (2nd ed.). PT Rineka Cipta.

Alfurqon, F. A. (2017). efektifitas pembelajaran. Jurnal Matematika.

Anzelina, D. (2019). pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku di kelas IV SD Swasta St. Antonius V Medan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(1), 752–761.

Djamarah, S. (2018). Psikologi Belajar (3rd ed.). PT Rineka Cipta.

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Matheline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Fuad, Z. Al, & Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 42–54.

J.Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (27th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar (1st ed.). Aswaja Pressindo.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Nastiti, N. (2013). Minat Belajar Anak SDN. Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg, 26(4), 1–37.

Noor, J. (2019). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah (Suwito (ed.); 5th ed.). Prenamedia Group.

Partiwi, N. (2015). pengaruh tingkat pendidikan, perhatian dan inat belajar siswa. Jurnal Pujangga, 1, 75–105.

Priansa, D. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelejaran (A. Kasmanah (ed.); 1st ed.). Alfabeta.

Putra, A., Sofiyan, & Malini, H. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 10–22.

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Salim, & Syahrum. (2010). Merode Penelitian Kualitatif (Haidir (ed.); 3rd ed.). Cita pustaka Media.

Sembiring, R. B., & . M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Siagian, M. (2016). kemampuan koneksi matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 58–67.

Silaban, P., & Hasibuan, A. (n.d.). Pendidikan Guru Sekolah Dasar Juril AQUINAS p-ISSN: 2615-7683 e-ISSN: 2714-6472. 1, 1–17.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi (6th ed.). PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (3rd ed.). Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (4th ed.). Prenadamedia Group

Winataputra, U. S. (n.d.). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Journal Belajar Dan Pembelajaran, 1–46.

Yeni, E. M., & Almuslim, U. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Journal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id