PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM OPERASI BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE MEET DI SEKOLAH DASAR

Nurul Adcha

Abstract


Bencana pandemi Covid-19 juga telah menimbulkan dampak pada berbagai bidang, salah satu yang paling dirasakan adalah bidang pendidikan. Mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, semuanya menjadi terhambat dan tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka karena kerumunan dapat memperluas penyebaran virus Covid-19. Melakukan pembelajaran dengan daring menggunakan google meet. Google meet ini memungkinkan guru dan siswa untuk melakukan panggilan secara audiovisual dalam bentuk klasikal atau dalam jumlah banyak orang. Selain itu, aplikasi ini menyediakan banyak fitur yang dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran secara daring. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu  berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi) (dalam Arikunto, 2002). Dua siklus yang memperlihatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata yang meningkat dari 60.45 menjadi 80.45. Dengan jenjang nilai dari 50 sampai dengan 100. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan media google meet lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi bilangan matematika.


Keywords


pandemi, google meet, tindakan kelas, hasil belajar

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Herlina, H. (2018). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Model Pembelajaran Melalui Workshop Di SD Negeri 009 Seberang Teluk Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(5), 812- 819

Juniartini, N. M. E. & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(1), 133-141

Karsono. (2021). Implementing Workshops To Improve Teachers' Ability To Utilize Computers In Teaching Process At Smp Negeri 1 Kubu Rokan Hilir. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1), 243 – 250. DOI:http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8228.

Koesmini, Astien Diena. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Menggunakan Zoom Meeting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tentang Bilangan Bulat Siswa Kelas Vi Uptd Sdn Mlajah 2 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Lampu. ISSN : 2460-8017. 59-75

Martiyana, E. P., Jamaludin, U., & Rahman, I. U. (2021). Teachers’ Role in Building the Character of Confidence in Online-Based Thematic Learning. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1), 79 – 93. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1. 8076.

Pernantah, Piki Setri., Nova., & Ramadhani, Annisa Suci. (2021). Penggunaan Aplikasi Google meet dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 45-50. DOI:https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.991

Thowaf, Indah Pinakesti. (2018). Penggunaan Aplikasi Whatsapp Dan Google Meet Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Banarankulon. Lomba Nasional PTK Jenjang SD. ISBN : 978-623-9753-0-7. 218-226




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id