PENGARUH PENDIDIKAN & PELATIHAN (DIKLAT) DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU SD NEGERI SE- KECAMATAN BATU HAMPAR KABUPATEN ROKAN HILIR

Hendri Hendri, Fadly Azhar, Isjoni Isjoni

Abstract


Artikel ini melaporkan adanya pengaruh variabel (1) pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) terhadap profesionalisme guru, (2) pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru, (3) pendidikan dan pelatihan (diklat) dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru. Responden penelitian melibatkan guru SD Negeri Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir. Sampel berjumlah 62 orang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan portofolio sebagai instrument penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis prasyarat dan pengujian hipotesis. Koefisien reliabilitas instrument dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap profesionalisme guru sebesar 0,476, dan terdapat pengaruh positif antara pengalaman mengajarvterhadap profesionalisme guru sebesar 0,690. Sedangkan secara simultan pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sebesar 0,766.


Keywords


pendidikan dan pelatihan (diklat), pengalaman mengajar, profesionalisme guru

References


Agus, S. (2010). “Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan berbasis Kompetensi (Competence base education and training) dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Petugas Satuan Polisi Pamong Praja”. Disertasi. Pasca Sarjana Universitas Negri Jakarta: Jakarta.

Dedeh, S.H. et al. (2010). Pengaruh Pendidikan dan Latihan (diklat), Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2).

Delattre, M., and Ocler, R. (2013). Profesionalism and organization: polysemy of concept and narratives of actors. Society and Business Review, 8(1).

Jhon, M., Echols., dan Hassan, S. (2005). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Khalid, J., et al. (2009). Pengaruh Jenis Latihan Guru dan Pengalaman Mengajar terhadap Efikasi Guru Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Malaysia, 34 (2).

Komalasari, F. P. (2014). Profesionalisme Guru Ditinjau dari Pendidikan dan latihan (diklat) serta Pengalaman Mengajar Guru SMP NEGERI Se-Kecamatan delanggu tahun 2014.

Kunartinah., dan Fajar, S. (2010) Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja Dengan Kompetensi sebagai Mediasi, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE).

M. Noor S.W. (2012). Pengaruh Pendidikan Pelatihan dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen, 1 (2).

Masnur, M. (2007). Sertifikasi Guru menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Martinis Y. (2011). Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Syaiful, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zainal, A. (2009). Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id