PENGARUH ANTARA KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH SD SE KECAMATAN BANGKO PUSAKO KABUPATEN ROKAN HILIR
Abstract
Masih adanya kepala sekolah baik Negeri maupun Swasta yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda bukan hanya yang berpendidikan guru tetapi ada juga yang non kependidikan. Bahkan semakin lamanya mereka menjabat menjadi Kepala Sekolah akan menimbulkan suatu kejenuhan tanpa ada mutasi sehingga berpengaruh terhaadap kinerja kepala sekolah. Tujuan penelitian pada artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja kepala sekolah SD se kecamatan Bangko Pusako kabupaten Rokan Hilir. Penelitian menggunakan metode survey dengan teknik korelasi. Populasi penelitian melibatkan 137 guru SD se kecamatan Bangko Pusako kabupaten Rokan Hilir. Besarnya sampel adalah 101 orang guru. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan kerja terhadap kinerja kepala sekolah SD se kecamatan Bangko Pusako kabupaten Rokan Hilir.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Anoraga, P. (2010). Prilaku Organisasi. Jakarta : Pustaka Jaya.
Bafadal, I.. (2010). Peningkatan profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadari, N. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja Di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Hasan, T., (2012). Kinerja Pengawas dalam Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah pada MAN Janarata Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1(1), 1-20.
Mangkunegara, A.A.A.P. (2006). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : Refika Aditama.
Maya, D. K. (2015). Pengaruh motivasi kerja dan pelatihan terhadap kinerja kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXII(2), 20-40.
Mulyasa, E. (2010). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Purwati, S. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Anindya Mitra Internasional Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.
Riduwan. (2010). Metode dan Tehnik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Suhardiman, B. (2011). Studi Kinerja Kepala Sekolah. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukma, D. S.N. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Suri, A. J. S. (1977). Peranan Motivasi dalam Pengelolaan dalam DepDikbud. (Sebuah Kumpulan Tulisan tentang Pengelolaan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Tabrani, R. (2008). Kesejahteraan Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Guru. Jakarta : inti media Cipta nusantara.
Uno, B. H. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : BumiAksara.
Veithzal, R. (2005). Manajemen Sdm Untuk Perusahaan Dari Teori Kepraktik. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Veitzal, R. (2004). Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta : Rajawali Pers.
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Wayne, K. H., dan Cecil, G. Miskel. (2000). Education Administrasi ; Theory, Reseach, and Practice. New York random house.
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta ; Raja Grafindo persada.
Winardi , J., (2007). Prilaku Organisasi. Jakarta : Kencana.
Winardi. (2002). Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id