Data citation

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang identifikasi bakat anak berkebutuhan khusus di TK Permata Bunda, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pertama model pembelajaran ABK sama dengan anak normal lainnya sehingga secara psikologi tidak merasa berbeda dengan anak normal lainnya; Kedua model pembelajaran ABK menekankan pada pendampingan, pelayanan, keamanan, kenyamanan, perkembangan dan sesuai dengan kebutuhannya; Ketiga model pembelajaran menekankan pada pembelajaran klasikal, pembelajaran sudut dan pembelajaran berdasarkan minat anak yang tertuang dalam kurikulum, silabus, rencana kegiatan mingguan dan rencana kegiatan harian; Keempat mengidentifikasi gaya belajar ABK berdasarkan minat disesuaikan dengan gaya belajarnya dan memperhatikan jenis ketunaan yang dimilikinya. Adapun rekomendasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah (a) Diharapkan kepada pemerintah pusat dan daerah sesuai dengan amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS dan PERMENDIKNAS Nomor 70 Tahun 2009, agar mengadakan pelatihan terkait dengan pendidikan inklusi kepada para guru terutama guru yang berada di daerah; (b) Hendaknya guru menggunakan banyak pendekatan pembelajaran dan selalu dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan ABK; (c) Banyak hal yang turut mendukung berhasil-tidaknya program inklusi di antaranya SDM, pembiayaan, sarana dan prasarana yang masih minim, oleh karenanya diharapkan perhatian pemerintah dan masyarakat agar dapat membantu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id