PENGEMBANGAN WEB BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA SMP

Neni Wahyuningtyas, Rista Anggraini, Febty Andini Dwi R, Ninik Yustina Sari

Abstract


Penggunaan sumber belajar saat ini cenderung memanfaatkan buku teks sebagai sumber belajar. Padahal di tengah kemajuan jaman seperti saat ini siswa dituntut mahir dalam penggunaan teknologi. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan pengembangan media pembelajaran IPS berbasis website untuk kelas siswa SMP kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Research and Development (R&D) dan mengadopsi model Lee Owens. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa dari penilaian validator ahli materi mendapatkan nilai sebesar 95.31%,  yang berarti bahwa materi yang dikembangkan dalam web based learning valid dan layak digunakan. Hasil penilaian dari validator ahli media menunjukkan nilai sebesar 96.87% yang berarti media web based learning valid dan layak digunakan lebih lanjut. Hasil penilaian siswa saat uji coba media web based learning menunjukkan nilai sebesar 94.42% yang berarti web based learning valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa web based learning layak dan efektif untuk digunakan dalam menunjang pembelajaran IPS di tingkat SMP dan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Interaksi Antar Negara-negara ASEAN.


Keywords


pengembangan, web based learning, media

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Renika Cipta, Jakarta.

Holilah, M. (2015). Kearifan Ekologis Budaya Lokal Masyarakat Adat Cigugur sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 24. 15-22. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/1453/1001.

Marjito, E. R., & Juniardi, K. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Kota Singkawang. Sosial Horizon. Jurnal Pendidikan Sosial 6. 233-241.

Purwanto, A., Pramono, R., Santoso, P.B., Wijayanti, L. M., Hyun, C.C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Edu PsyCouns 4, 1–12.

Ramdani, L.A., & Azizah, N. (2020). Permainan Outbond untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. 4, 482-490. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/407.

Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN; 2, 6.

Sarbini, S., & Lina, N. (2011). Perencanaan Pendidikan. Bandung: Penerbit Pustaka.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4, 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Unimed. 6. 11-17. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067

Suarno, D. T., & Sukirno, S. (2015a). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Dengan Tema Pemanfaatan Dan Pelestarian Sungai Untuk Siswa Kelas VII SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 2, 115–125. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7663

Suarno, D. T., & Sukirno, S. (2015b). Pengembangan Media Pembelajaran IPS dengan Tema Pemanfaatan dan Pelestarian Sungai untuk Siswa Kelas VII SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 2, 115–125. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7663.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tunjung, A. S., & Purnomo, A. (2020). Kreativitas Guru IPS Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pada SMP Negeri 2 Semarang Dan MTs Negeri 1 Semarang 12.

Uno, H. B., Ma’ruf, & Abd. R. K. (2016a). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 18, 169–185. https://doi.org/10.21009/JTP1803.1

Wahyuningtyas, N., & Rosita, F. A. D. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, Vol 13, No 1 (2019). 10.17977/um020v13i12019p34.

Wahyuningtyas, N. (2019). Developing Edmodo-Based Online Learning Media to Support Student's Skill of Social Studies in 21th Century. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Jember, 2019, vol. 243, p. 012160. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012160

Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya 33, 29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36

Zhou, L., Li, F., Wu, S., Zhou, M. (2020). “School’s Out, But Class’s On”, The Largest Online Education in the World Today: Taking China’s Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control as An Example. Jurnal Best Evid Chin Edu 4, 501–519.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id