ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nanda Dwi Putri, Syahrilfuddin Syahrilfuddin, Guslinda Guslinda

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya kesasalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian terdahulu dengan tingkat kesalahan siswa masih tinggi saat mengerjakan materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas V sekolah dasar saat mengerjakan operasi hitung campuran bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatf dan menggunakan instrumen tes berupa soal , wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini didahului dengan proses reduksi data, penyajan data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat adalah kesalahan konsep dengan persentase 54 %, kesalahan operasi hitung dengan persentasi 28 % dan kesalahan acak dengan persentase 18 %. Dengan hasil penelitian ini diharapkan bisa berguna sebagai patokan untuk guru ataupun calon guru agar tidak terjadi kesalahan berkelanjutan.


Keywords


kesalahan, operasi hitung campuran bilangan bulat

References


Andriani,Eka. 2016. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dan Kemampua Akademik siswa Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan. Volum 1

Djadir, Ugi, L.E, Darwis. M. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Daya Matematis. 4(1).

Enggar, Setya. 2012. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Metode Discovery Dengan Media Gambar Pada Siswa kelas II Pengkok.(Online).ums.ac.id/19832/16/10._NASKAH_PUBLIKASI. (diakses 16 oktober 2012 ).

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di SD. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Lanuwu,F.K.,Ratu,N.&Prihatnani. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dan Menurut Teori Newman Pada Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. Jurnal Pendidikan

Melisa Imelda, Edy Yusmin, Dede Suratman. 2014. Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3(2): 1-5. FKIP Universitas Tanjungpura. Pontianak

Meleong, L.J. (2014). Metodology Penelitian Kualitatif. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya

Ririn Ambasari. 2016. Analisis Kesalahan siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan SoalUraianPokokBahasananKubus.(Online).https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2300(diakses 18 November 2017 )

Rosita. 2007. Miskonsepsi Kesalahan dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika 2(3) : 3-28. Universitas Muhammadiyah. Sidoardjo

Susanto, A. ( 2014 ). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana

Widodo, S. A. 2013. Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46 (2juli)




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id