PENERAPAN LITERASI KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMPN 6 KEPULAUAN SELAYAR

Haeruddin Haeruddin, Elpisah Elpisah, Eka Apriyanti

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui penerapan literasi kritis dalam pembelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 6 Kepulauan Selayar. Metode yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam beberapa tahap meliputi perencanaan, tindakan dan refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN 6 Kepulauan Selayar berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan reduksi data, pengajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan yang signifikan di tiap siklusnya. Di mana pada siklus I nilai rata-rata hanya 69.06 atau 60% ketuntasan belajar secara klasikal. Namun setelah diadakan refleksi sebagai langkah untuk melaksanakan siklus II mengalami peningkatan terlihat dari nilai rata-rata secara individu yang diperoleh siswa sebesar 90.31 atau 100% ketuntasan belajar secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan literasi kritis memberikan dampak yang signifikan terhadap pembelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 6 Kepulauan Selayar.


Keywords


Literasi Kritis, Aktivitas, Hasil Belajar

References


Aswan, A. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Community Learning Center Sebagai Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa. KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.32585/klitika.v2i1.708

Azrai, E. P., Suryanda, A.-, Wulaningsih, R. D., & Sumiyati, U. K. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Sma Di Jakarta Timur. Edusains, 12(1), 89–97. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13671

Basam, F., Rusilowati, A., & Ridlo, S. (2016). Profil Capaian Kompetensi Literasi Sains Siswa SMP Negeri Kota Tegal Menggunakan PISA. PSEJ, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.111

Farisi, S. Al. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Open-ended dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(2), 121–129.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Kanusta, M., Sahertian, P., & Soraya, J. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Minat Baca dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 15(2), 152–156.

Lamongan, S. A.-F. S. (2020). Pendampingan Gerakan Literasi Masyarakat Melalui Rumah Baca. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 181–189. http://103.114.35.30/index.php/Axiologiya/article/view/2721

Layli Hidayah, G. S. W. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Dan Lingkungan Kaya Teks Di Sekolah “Studi Asesmen Diri Sekolah Menengah Pertama Di Surabaya.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 39–46.

Leiliyanti, E., Irawan, I. N., & Syahputra, Z. (2021). Pelatihan Membaca Kritis Teks Naratif Bagi Guru SMP Pendidik Pengerak Indonesia Jaya. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 81–95.

Melinda, C., & Rahmawati, I. (2021). Penerapan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 31(1), 23–31. https://doi.org/10.23917/jpis.v31i1.12557

Naconha, A. E. (2021). Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag. Elementary School of Education E-Journal, 4(1), 6.

Nirwana, C. K., & Harsiati, T. (2021). Implementasi Literasi Sekolah Dan Kegiatan Membaca Pemahaman Siswa SMPN 8 Malang. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 5(1), 39–49.

Sriyanto, B. (2021). Meningkatkan Keterampilan 4c dengan Literasi Digital di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 125–142. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.291.

Jumiati, J. (2017). Penerapan Metode Karya Wisata Pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembaganbiak Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiwa PGMI. Muallimuna. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 19-27.

Roza, A. F. (2014). Penerapan Literasi Kritis Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas VIII A SMPN 4 Baradatu. Tesis, Malang, Pascasarjana UM.

Ayu, N. W. (2019). Penerapan Literasi Kritis Pada Generasi Alpa Di Zaman Postmodern. Jurnal Education, 3(5), 125-131.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id