PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN FLIP PDF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA TARI BADAYA WIRAHMASARI RANCAEKEK
Abstract
Artikel ini berfokus pada penelitian yang menghasilkan suatu bahan ajar menggunakan flip PDF berbasis etnomatematika mengenai materi sudut dan jenis-jenis sudut yang dapat membantu pembelajaran dikelas. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model penelitian pengembangan yang digunakan mengadopsi dari model Robert Maribe Branch (2009) yang terdiri dari lima tahapan, diantarannya, tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap penggunaan (Implementation) dan tahap penilaian (evaluation). Subjek penelitian melibatkan 35 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kawali. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian diperoleh rerata skor keseluruhan dari ahli materi sebesar 92.27 % dengan kategori sangat baik. Kemudian, untuk rerata skor keseluruhan dari ahli media sebesar 84.53% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, diperoleh hasil uji praktikalitas berdasarkan kelompok kecil sebesar 91% dengan kategori sangan praktis. Sehingga hasil akhir diperoleh bahan ajar menggunakan flip PDF berbasis etnomatematika tari Badaya Wirahmasari Rancaekek pada materi sudut dan jenis-jenis sudut yang layak dan praktis digunakan.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Almahfuz. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Konvensional dan Teknologi Informasi. Tanjak: Journal of Education and Teaching. 2(1). 55-62. DOI: https://doi.org/10.35961/tanjak.v2i1.148
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11-19.
Denna & Turyati (2021). TARI BADAYA WIRAHMASARI RANCAEKEK. Jurnal Seni Makalangan, 8(1).
Ishak, A. (2015). Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Koparan, Timur. (2017). Analysis of Teaching Materials Developed by Prospective Mathematics Teachers and Their Views on Material Development. Malaysian Online Journal of Educational Technology. 5(4). 08-28.
Marsigit, M., Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2019). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 20–38. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2291.
Purnomo, Heru., Wulandari, Isnaini. (2019). Pengembangan Bahan ajar Evaluasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kuningan. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 3(6). 1204-1215. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7878
Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Ekplorasi etnomatematika di Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal. 2(1). 1-10. DOI: https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36210
Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 4(2). 184-190. DOI: https://dx.doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283.
Widodo, C. dan Jasmadi. (2008). Buku Panduan Menyusun Bahan ajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id