PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA BANJIR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA BUNDA KABUPATEN KAMPAR

Siti Ainun Nasution, Yeni Solfiah, Febrialismanto Febrialismanto

Abstract


Artikel ini membahas tentang pengembangan video animasi berbasis penpengetahuan mitigasi bencana banjir pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian dan pengembangan media video animasi tersebut dilakukan dengan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian tersebut merupakan penelitian dengan jenis R&D dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Penelitian pengembangan merupakan suatu proses atau langkah-langkah produk yang telah ada dan dapat di uji kelayakannya. Penelitian terdiri dari lima fase yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penilaian media dari validator I dan validator II mendapatkan nilaai rata-rata persentase 90% dengan kategori “layak”. Untuk hasil penilaian dari 5 orang pendidik mendapatkan nilai rata-rata persentase 90% dengan kategori “layak”. Dan dari hasil uji coba produk yang dilakukan uji coba terbatas sebanyak 6 orang anak yang berada dilingkungan rumah peneliti mendapatkan persentase 92% dengan kategori “layak”. Teknik pengumpilan data menggunakan lembar observasi dan kemudian dianalisis sesuai dengan hasil yang didapatkan.


Keywords


video animasi, pengetahuan, mitigasi bencana banjir

References


Adityawan, S. dkk. (2018). Buku Pintar Mengenal Bencana Alam. Deepublish. Yogyakarta

Asmariani. (2016). Konsep Media Pembelajaran PAUD. Jurnal Al-Afkar 5(1):32-33. Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indragiri. Tembilahan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Alam. (2017). Buku Saku Tanggap Tanggas Tangguh Menghadapi Bencana. Graha BNPB. Jakarta.

BNPB. (2017). Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana. Jakarta: Direktorat Kesiapsiagaan

BNPB. (2010). Pengaruh antopogenik terhadap Bengawan Solo. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, Vol. 1 No. 2, 2010. 47-54

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal 3(1): 36-37. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Surabaya.

Feist, J., dan Gregory, J. F. (2010). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Guslinda dan Rita, K. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Publishing.

Halim, D., dan Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 9(3):205-206.

Hardoyo, S. R., dkk. (2014). Aspek Sosial Banjir Genangan (ROB) di Kawasan Pesisir. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Istiqomah, A. (2016). Perbandingan Efektivitas antara Metode Video dan Cerita Boneka dalam Pendidikan Seksual Terhadap Pengetahuan Anak Prasekolah tentang Personal Safety. Jakarta: Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Jess, F., dan Grogory J. F. (2010). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Jozef, T. (2015). Bertahan Hidup Di Negeri Bencana Pola Pikir dan Cara Hidup dalam Menghadapi Segala Bencana. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Janice, J. B. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Kencana Prenamedia Group.

Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Depok: Kencana.

Nandhini, H. A., & Rikha, S. D. Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini. Early Childhood, 3(1), 10-20.

Primus, S. (2014). Seri Pendidikan Pengurangan Risiko Banjir. Yogyakarta: CV. Andi Offest.

Pusat Krisis Kesehatan. (2016). Buku Penanggulangan Krisis Kesehatan Untuk Anak Sekolah. Jakarta: Pusat Krisis Kesehatan.

Pratiwi, N. H., Rasmani, U. E. E., and Zuhro, N. S. Meningkatkan Pengetahuan Mitigasi Bencana Melalui Kegiatan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(3), 280-290.

Romadhona, R., & Fajri, H. Pengembangan Video Animasi Pembelajaran “SALUT” Pada Subtema Transportasi Untuk Anak Kelompok-B TK Marsudi Siwi Sawit. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(6), 602-615.

Rita, K., & Yeni, S. (2018). Pengaruh Media Pensil Karakter Animasi Upin Ipin Terhadap Kemampuan Menulis Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 341-350

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif danR & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 20. (2007). Penanggulangan Bencana Nasional. Jakarta: Departemen Dalam Negeri.

United Nations. (2015). Sustainable Development Goals. Retrieved September 25, 2020, from https://sustainabledevelopment.un.org/?menu=1300

Yeni, S., Devi, R., Hukmi, dan Rita, K. (2020). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Pengetahuan Manajemen Bencana Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1), 785.

Yeni, S., Devi, R., Hukmi, dan Rita, K. (2020). Early Chilhood Disaster Management Media Through Picture Story Books. Jurnal Pendidikan AnakUsia Dini, 14(1), 142-143.

Yeni, S., Devi, R., Hukmi, dan Rita, K. (2019). The Knowledge Of Early Childhood Education Teachers About Natural Disaster Management. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education 2(1), 160.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id