STUDI KORELASI KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU

Rada Sulita, Hambali Hambali, Ahmad Eddison

Abstract


Artikel ini dilatar belakangi oleh adanya potensi yang mengacu pada sikap kepribadian siswa salah satunya pengamalan karakter peduli sosial dengan hasil belajar PKn siswa. Tujuan penelitian pada artikel ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat korelasi karakter peduli sosial dengan hasil belajar PKn siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian tersebut bersifat kuantitatif melalui metode analisis statistik yaitu rumus Korelasi Product Moment dibantu program IBM SPSS versi 20. Populasi penelitian adalah 452 siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Penentuan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan sampel sebanyak 68 orang siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Pekanbaru dengan pertimbangan hasil belajar PKn yang diperoleh di kelas X semester 2. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis statistik bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi karakter peduli sosial dengan hasil belajar PKn siswa kelas XI di SMAN 12 Pekanbaru dengan koefisien korelasi r-hitung 0.650 lebih besar dari r-tabel 0,235. Korelasi dapat dilihat dari angka koefisien korelasi hasilnya positif yaitu 0,650 yang berada pada rentang 0,60-0,799 dengan tafsir “hubungan besar atau kuat”.


Keywords


karakter, peduli sosial, hasil belajar siswa, mata pelajaran PKn

References


Agustin, Y. T., Gunanto, Y. E., & Listiani, T. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Siswa Kelas IX pada Pembelajaran Matematika di Suatu Sekolah Kristen (The Relationship Between Learning Motivation and Learning Discipline of Grade 9 Mathematics Students at a Christian School). JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(1), 32-40.

Asiyah, S. (2018). Exploring Esp Students’english Skills By “English Talent Competition”. JALL (Journal of Applied Linguistics and Literacy), 2(2), 135-140.

Fitri, A. Z. (2012). Reiventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Irdianti, P. R dkk. (2020). Hubungan Minat Belajar dan Perilaku Empati Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3): 459–472.

Junaidi, N. Z. A. (2019). Hubungan Karakter Siswa dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X dan XI IPS di SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman". Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran,1(1): 20–27.

Masrukhan, A. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SD Negeri 5 Kota Gede Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Muchlas, S., dan Hariyanto. (2011). Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Mufidah, N., & Arsana, I. M. (2014). Korelasi Antara Prestasi Belajar Dengan Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas Viii Smpn 1 Dlanggu Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(2), 221–235.

Quigley, C.N., Buchanan, Jr. J. H. & Bahmueller, C.F. (1991). CIVITAS: a frame work for civic education. Calabasas: Center for Civic Educatio

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, A. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sunarso. (2011). Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menegah: Studi Terhadap Politik Pendidikan dan Kurikulum, pada Era Orla, Orba, dan Reformasi. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Utami, T., dkk. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Peduli Sosial di SMP Negeri 1 Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 6(1):17-36.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijayanti, Y., dkk. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Desa Gunungcupu Kecamatan Sidangkasih Melalui Penyuluhan tentang Arti Penting pendidikan untuk Meningkatkan Indeks Pembangunan Nasional. Abdimas Galuh, 2(1): 34-43.

Undang-Undang No 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025

Zuchdi, D. (2012). Model Pendidikan Karakter: Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id