PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING: STUDI KASUS ERA PANDEMI COVID-19 DI SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Bima Wahyu Pratama, Neni Wahyuningtyas, Nurul Ratnawati

Abstract


COVID-19 telah merebak ke seluruh penjuru dunia dan membuat semua aktivitas manusia terbatas. Pembatasan sosial telah diterapkan sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus dan kemudian hal ini pula diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran daring dipakai sebagai metode mengajar selama pandemi, namun terdapat kendala berupa minimnya kemampuan akan pengawasan dan mengamati perkembangan siswa ketika guru menyampaikan pendidikan karakter. Penelitian pada artikel ini bertujuan menganalisis langkah strategis guru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui pembelajaran daring dan menganalisis tolak ukur yang digunakan guru dalam menilai perkembangan karakter siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa langkah strategis yang digunakan guru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui pembelajaran daring antara lain (1) memanfaatkan media komunikasi virtual, (2) memberikan contoh yang baik atau suri tauladan kepada siswa, (3) melakukan pembinaan dan pembiasaan secara intens, dan (4) memaksimalkan sinergitas wali murid dan guru. Tolak ukur yang digunakan guru dalam menilai perkembangan karakter siswa dapat dilihat dari (1) pengamatan guru mata pelajaran dan wali kelas dan (2) catatan berkelakuan baik siswa dari BK dan tata tertib sekolah. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk peneliti selanjutnya adalah kajian tentang perubahan karakter siswa setelah diterapkannya pembelajaran daring di sekolah.


Keywords


pendidikan karakter siswa, pembelajaran daring, pandemi covid-19

References


Ahmadi, Muhammad Zul; Haris, Hasnawi; Akbal, Muhammad. 2020. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, Vol 3 (2) Agustus 2020 Hal 305-315. E-ISSN: 2614-2317. DOI: https://doi.org/10.26858/v3i2.14971

Albertus, Doni Koesoema. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Alsa, Asmadi. 2004. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Amin, Khoirul. 2020. Deskripsi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Google Classroom (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa Di Masa Pandemi COVID-19). Salatiga: Prodi Tadris Matematika, FTIK-IAIN Salatiga. Skripsi/KhoirulAmin, NIM. 23070160110

Asmuni, Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian daan Pengembangan Pendidikan - UNDIKMA, Vol 7(4) hal 281-288 DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Aushop, A. Z. 2014. Islamic Character Building: Membangun Insan Kamil, Cendekia Berakhlak Qurani. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Berkowitz, M.W; Bier, M.C. 2005. What Works In Character Education: A Research-Driven Guide for Educators. (online) Washington DC: Character Education Partnership, University of Missouri-St Louis.

Bilfaqih, Yusuf; Qomarudin, M. Nur. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV Budi Utama

Creswell, J. 2016. Research Design (cetakan keempat). Pustaka Belajar

Dalmeri. 2014. Pendidikan untuk Pengembangan Karakter: Telaah terhadap gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character. Jurnal Al-Ulum-IAIN Gorontalo, Vol 14(1) hal 269-288. P-ISSN: 1412-0534 e-ISSN: 2442-8213

Diva, Andi S., Chairunnisa, Ananda A., Mufidah, Tuhfah H. 2021. Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Seminar: 1st National Conference on Education, System and Technology Information, “Entering 5.0 era: IST enhancement for society well-being. Vol 1(1) Tahun 2021, Paper 003 halaman 1-10.

Ferdiansyah, Muhammad. 2013. Peran Wali Kelas dalam Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling serta Dampaknya Terhadap Penanganan Siswa Bermasalah. KONSELOR: Jurnal Ilmiah Konseling, Vol 2 Juni 2013

Hamid, Hamdani; Saebani, Beni Ahmad. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Penerbit Pustaka Setia

Hashimov, Elmar. 2015. Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook and The Coding manual for Qualitative Reasearches: Matthew B. Miles; A. Michael Huberman; Johnny Saldana. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2014. 381 pp. Johnny Saldana. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2013. 303 pp.

Hornby, A.S; Parnwell, E.C. 1972. Learner’s Dictionary. Kuala Lumpur: Oxford University Press

Irawan, M Ary., Faqih, M., Rohiyatun, B. 2014. Implementasi Manajemen Strategik Pendidikan Karakter di SMPN 2 Mataram. Jurnal Pedagogy, FIP-IKIP Mataram Vol 1(1) 2014, hal 8-16. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v1i1.3054

Kemendikbud. 2020. Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. (online)

https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Kemendikbud, Tim PPK. 2018. Konsep dan Pedoman: Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kemendikbud RI (online)

https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro+buku-konsep-dan-pedoman-ppk

Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan Karakter, Konsepnya, & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.

Lickona, Tom; Schaps, Eric; Lewis, Catherine. 2007. Eleven Principles of Effective Character Education. (online) Character Education Partnership, Washington DC 1025 Connecticut Avenue, NW. https://www.researchgate.net/publication/45655772

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manager Pendidikan, Pascasarjana FKIP Univ. Bengkulu. Vol 9(3), Juli 2015 hal 464-468. p-ISSN: 1979-732X e-ISSN: 2623-0208

Purandina, I Putu Yoga., Winaya, I Made Astra. 2020. Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. CETTA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2) ISSN: 2615-0913 (E). DOI: 10.37329/cetta.v3i2.454

Rigianti, Henry Aditia. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Research Gate, DOI: 10.31316/esjurnal.v7i2.768 https://www.researchgate.net/publication/342634522_KENDALA_PEMBELAJARAN_DARING_GURU_SEKOLAH_DASAR_DI_BANJARNEGARA

Sekretriat Kabinet Republik Indonesia. 2022. Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nomor 2 Tahun 2022, tentang Direksi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 (Empat) Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). https://setkab.go.id/mendikbudristek-terbitkan-ketentuan-mengenai-ptm-terbatas-50-persen-di-wilayah-ppkm-level-2/

Sudarsana, I Ketut., et al. 2020. Covid-19: Perpektif Pendidikan. Penerbit Yayasan Kita Menulis. ISBN: 623651223X, 9786236512234

Suriadi, Harri Jumarto; Firman; Ahmad, Riska. 2021. Analisis Problematika Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3 (1) 2021 Hal 165-173. DOI: https://doi.org/10.31004/edukaatif.v3i1.251

Tripusa, Anita; Mashudi, Mashudi; Aminuyati, Aminuyati. 2018. Peran Guru Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 24 Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 7(8), 2018. Universitas Tanjungpura. e-ISSN : 2715-2723

Winton, Sue. 2010. Character Education: Implications for Critical Democracy. International Critical Chilhood Policy Studies Journal, Vol 1(1) 2008. (online) https://journals.sfu.ca/iccps/index.php/childhoods/article/view/4

Worldometer. 2022. COVID-19 Coronavirus Pandemic. Diakses tanggal 31 Maret 2022. https://www.worldometer.info/coronavirus/

Yin, Robert K. 2008. Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo

Zahrawati, Fawziah., Nurhayati. 2021. The Challenge of Online Learning in Curriculum-2013 during COVID-19 Pandemic: Study of Social Science Teachers at MAN 2 Parepare. Sociological Education Journal UNMUH Kupang, Vol 2 (1) hal 9-14 DOI: https://doi.org/10.12345/socioedu.v2i1.380




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id