PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS V

Endang Wardi Ningsih, Arief Kuswidyanarko, Patricia H. M. Lubis

Abstract


Siswa kelas V SDN 1 Puding Besar mengalami kesulitan dalam memahami materi dan kalor karena materi yang disampaikan belum sesuai karakteristik peserta didik. Hal ini yang membuat hasil belajar mereka banyak yang belum tuntas. Selain itu siswanya belum menyadari mengenai berbagai kearifan lokal yang ada disekitar mereka. Tujuan dalam penelitian pada artikel ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal pada materi suhu dan kalor kelas V yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian diperoleh skor untuk rata-rata ahli materi 96,65% dengan kriteria “sangat valid”. Skor rata-rata untuk ahli media diperoleh 91,3% dengam kriteria “sangat valid”. Hasil kepraktisan oleh guru kelas diperoleh skor 80% dengan kriteria ‘praktis”. Sedangkan produk hasil kepraktisan pada 3 orang siswa, kelompok kecil, dan kelompok besar diperoleh skor rata-rata 92,84% dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil uji efektivitas produk pada kelas V diperoleh skor 70,27% dengan kriteria “baik”. Jadi lembar lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal pada materi suhu dan kalor kelas V valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas V di SD N 1 Puding Besar.


Keywords


lembar kerja peserta didik, kearifan local, materi suhu dan kalor

References


Ahmad, H. (2021). Implementasi Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal di SDN 49 Liano, Kec. Mataoleo, Kab. Bombana. Jurnal Tunas Bangsa, 8(1), 19–30.

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alvariani, N. P., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Permainan Tradisional Jawa Untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 43–51.

Arianty, R., Restian, A., & Mukhlishina, I. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kecamatan Lawamg-Malang Pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 7(1), 1–12.

Arofah, R., & Cahyadi, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Jurnal Halaqa: Islamic Educations, 3(1), 35–43.

Dora, N. I. (2018). Kajian Kearifan Lokal Masyarakat “Melayu” Ujung Gading. Jurnal Ijtimaiyah, 2(1), 1–18.

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi Pendidikan karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 68–77.

Kalifah, D. R. N., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan LKPD Tematik Berbasis Kearifan Lokal Budaya Lampung Selatan Tema Indahnya Keberagaman Kela IV MI / SD. Pendidikan dan Pembelajaran dasar, 8(1), 27–36.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Palber, C. A., Hakim, L., & Fakhrudin, A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Karakter Melalui Pendekatan VCT Pada Materi Sila-Sila Pancasila Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 6(1), 158–163.

Putri, F. A., & Ananda, L. J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4(4), 70–77.

Sa’diah, H., Karim, & Suryaningsih, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal untuk Pembelajaran Matematika SMP. Journal of Mathematics, Science, and Computer Education, 1, 54–63.

Safrina, A. dan S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Etnosains Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal PGSD, 9(7), 2752–2765.

Silvia, T., & Mulyani, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Garis dn Sudut. Jurnal Hipotenusa, 1(2), 38–45.

Suratmi; Laihat; Fitrianti, R. (2019). Using Of LKPD Based On Local Excellences Of South Sumatera To Improve The Student Activities And Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 61–71.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wandari, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47–55.

Widoyoko, E. P. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yulianti, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id