ANALISIS VALIDASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION

Bakri Bakri, Agustan S, Idawati Idawati

Abstract


Artikel ini menganalisis validitas dari lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematic education. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, define, design, development, dan disseminate. Subjek pada penelitian melibatkan 23 peserta didik kelas IV. Dalam proses analisis dilibatkan tiga validator yang terdiri dari dua validator ahli dan satu validator praktisi. Untuk menganalisis kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematic education digunakan angket validasi. Berdasarkan analisis kevalidan, berdasarkan data pengisian instrumen oleh uji ahli dan praktisi baik dari segi desain dan materi, menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis Realistic Mathematics Education dinilai dengan skor rata-rata 4,3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis Realistic Mathematics Education Valid digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


lembar kerja peserta didik, validasi, realistic mathematic education

References


Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., & Rahmat, C. (2014). Study of Ethnomathematics: A Lesson FromThe Baduy Culture. International Journal of Education and Research, 2( 10), 1-8.

De Lange. (1996). Using and Appying Mathematics in Education. Dalam Bishop, A. J., et al. InternationalHandbook of Mathematics Education ( 49-97). London: Kluwer Academic Publisher.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan ajar. Jakarta. Depdiknas Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat pembinaan SMA.

Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Sainmatika Jurnal Sains dan Matematika, 8(1), 96–109.

Fauzan, A., Slettenhaar. D. & Plomp, T. (2002). Traditional Mathematics Education vs. Realistic Mathematics.

Heruman. (2012). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, dkk. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Sapta, A., Hamid, A. & Syahputra, E. (2018). Assistance of Parents in the Learning at Home. Journal ofPhysics: Conference Series, 1114( 2018), 012020. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012020.

Senjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung: JICA.

Supardi. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syahri, A. A. (2017). Pengaruh penerapan pendekatan realistik setting kooperatif terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5 (2), 216–235.

Wagimun. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan PMRI pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 3( 2).

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id