PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI PEMBIMBING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Juwinner Dedy Kasingku

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana peran seorang guru pendidikan agama Kristen  sebagai pembimbing di SMP Advent Waropen dalam membentuk karakter siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk enam siswa kelas 8 dan 9. Peneliti memilih tujuh pertanyaan dan memodifikasinya sehingga pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam penelitian yang dipilih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Kristen Advent di SMP Advent Waropen berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter siswa. Oleh karena itu, guru pendidikan agama Kristen cukup baik dalam membimbing siswa SMP Advent Waropen karakter yang baik seperti disiplin, kejujuran, keteladanan, dan kesopanan. Adanya kerjasama antara guru, orang tua dan masyarakat di dalam mengembangkan karakter siswa. Peran guru pendidikan agama Kristen sebagai pembimbing di SMP Advent Waropen sangat penting bagi siswa, dan dengan kerjasama guru, orang tua dan masyarakat, proses tersebut secara bertahap direalisasikan dan dilaksanakan.

 

 


Keywords


Peran guru, pendidikan agama Kristen, pembimbing

References


Adhielvra, G. & Susanti, A. (2020). Peran guru Kristen sebagai pemegang otoritas untuk meningkatkan disiplin siswa dalam pembelajaran (Disertasi Doctoral, Universitas Pelita Harapan). https://www.researchgate.net/publication/341783929_Peran_Guru_Kristen_sebagai_Pemegang_Otoritas_untuk_Meningkatkan_Disiplin_Siswa_dalam_Pembelajaran_The_Role_of_Christian_Teachers_in_Exercising_Authority_to_Improve_Discipline_in_Learning

Ermindyawati, L. (2019). Peranan guru pendidikan agama Kristen terhadap perilaku siswa-siswi. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 2(1). pp. 40-61. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1259207&val=13758&title=Peranan%20Guru%20Pendidikan%20Agama%20Kristen%20Terhadap%20Perilaku%20Siswa-Siswi

Halimah, M. (2018). Peran guru Pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa Kelas VIII di SMPN 2 Sukadana Lampung Timur. Disertasi Doktoral, IAIN Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1672/1/SKRIPSI%20MIFTAKHUL%20HALIMAH_NPM.%201398921.pdf

Hartono, H. (2018). Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 2(1), 62-69. https://sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/viewFile/22/23

Malkabani, D. (2018) Pengaruh ketegasan guru PAK dalam mendisiplinkan peserta didi usia 15-17 tahun (Disertasi Doctoral, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA)) http://repo.sttsetia.ac.id/92/1/Debby%20makabani%20PAK%202018%20ok.pdf

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif dan Menyenangkan, Rosda Karya.

Raco, J. R. (2010). Metode penelitian kualitatif: Jenis, karakteristik, dan keunggulannya. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17 (33), 81. https://www.researchgate.net/publication/331094976_ANALISIS_DATA_KUALITATIF

Setianingrum, Y. L., Handriana., Sudarwanti, S., Rucie, D., & Purwanto, Y. E. (2019). Peran guru pendidikan agama Kristed dalam pembentukan karakter kemandirian peserta didik. Widyasari Press.

Situmorang, K., Lahagu, A., & Purba, B. M. M. (2019). Peran guru pendidikan agama kristen dalam membentuk karakter siswa. Journal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 4(2). pp. 105-112. https://doi.org/10.31219/osf.io/spkuv

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Journal Tarbiyah Islamiyah, 1(1). pp. 88-97. https://media.neliti.com/media/publications/300413-tugas-peran-dan-fungsi-guru-dalam-pendid-4e6b20f0.pdf

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2). pp. 181-202.https://www.researchgate.net/publication/337058860_Hubungan_Peran_Guru_Dalam_Proses_Pembelajaran_Terhadap_Prestasi_Belajar_Siswa

Tafonao, T. (2018). Peran guru agama Kristen dalam membangung karakter siswa diera digital. Journal BIJAK, 2(1). pp. 1-37. https://osf.io/preprints/agrixiv/4ms3g/download

Telaumbanua, A. (2018). Peranan guru pendidikan agama Kristen dalam membentuk karakter siswa. Journal FIDEI, 1 (2). pp. 219-231. http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei/article/view/9

Triyono, T. (2003). Penjelasan teknik sampling dalam penelitian. Penataran Analisis Data Penelitian bagi Dosen PTS Kopertis XI. https://osf.io/gthkd/download/

White, E. G. (2005). Membina anak yang bertanggung jawab. Bandung: Indonesia Publishing House.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id