PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI PEMBIMBING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Juwinner Dedy Kasingku, Faldo Nun Sasarari

Abstract


Artikel ini membahas bagaimana peran seorang guru pendidikan agama Kristen sebagai pembimbing di SMP Advent Waropen dalam membentuk karakter siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif untuk 6 siswa kelas 8 dan 9. Peneliti memilih 7 pertanyaan dan memodifikasinya sehingga pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat menggambarkan pertanyaan-pertanyaan dalam penelitian yang telah dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Kristen Advent di SMP Advent Waropen berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter siswa. Oleh karena itu, guru pendidikan agama Kristen haruslah cukup baik dalam membimbing siswa SMP Advent Waropen dan meimiliki karakter yang baik seperti disiplin, kejujuran, keteladanan, dan kesopanan. Peneliti juga menemukan bahwa adanya kerjasama antara guru, orang tua, dan masyarakat di dalam mengembangkan karakter siswa. Peran guru pendidikan agama Kristen sebagai pembimbing di SMP Advent Waropen sangat penting bagi para siswa. Dan dengan kerjasama oleh para guru, orang tua dan masyarakat, proses tersebut secara bertahap dapat direalisasikan dan dilaksanakan.


Keywords


Peran guru, pendidikan agama Kristen, pembimbing

References


Islamiah, A. (2018). Dampak teknologi informasi terhadap perilaku keagamaan pada remaja di Menganti Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Adhielvra, G. & Susanti, A. (2020). Peran guru Kristen sebagai pemegang otoritas untuk meningkatkan disiplin siswa dalam pembelajaran (Disertasi Doctoral, Universitas Pelita Harapan).

Ermindyawati, L. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, ISSN, 2621-8151.

Halimah, M. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Viii Di Smpn 2 Sukadana Lampung Timur. Peran guru Pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa Kelas VIII di SMPN 2 Sukadana Lampung Timur. (Doctoral Disertation, IAIN Metro)

Hartono, H. (2018). Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 2(1), 62-69.

Malkabani, D. (2018). Pengaruh Ketegasan Guru Pak Dalam Mendisplinkan Peserta Didik Usis 15-17 Tahun (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta).

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif (Cet. Ke-30.). Bandung: Remaja Rosdakarya, 93-106.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi guru profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan.

Raco, J. R. (2010). Metode Kualitatif (Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya). Grasindo. Grasindo.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Setianingrum, Y. L., Handriana., Sudarwanti, S., Rucie, D., & Purwanto, Y. E. (2019). Peran guru pendidikan agama Kristen dalam pembentukan karakter kemandirian peserta didik. Widyasari Press.

Situmorang, K., Lahagu, A., & Purba, B. M. M. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam membentuk Karakter Siswa. Real Didache, 4(2).

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181-202.

Tafonao, T. (2018). Peran Guru Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Digital. Journal BIJAK Basileia Indonesian Journal of Kadesi, 2(1), 1-214.

Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 1(2), 219-231.

Triyono, T. (2003). Penjelasan teknik sampling dalam penelitian. Penataran Analisis Data Penelitian bagi Dosen PTS Kopertis XI.

White, E. G. (2005). Membina Anak Yang Bertanggung Jawab. Indonesia Publishing House.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8930

Refbacks



Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id