PERSEPSI GURU DAN SISWA TENTANG PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MASA PANDEMI COVID-19

Fahimul Amri, Shanti Nugroho Sulistyowati

Abstract


Artikel ini meninjau persepsi guru dan siswa tentang pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di masa pandemi Covid-19. Penelitian yang dipaprkan pada artikel ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Responden penelitian melibatkan 19 guru yang melaksanakan pembelajaran dan 49 siswa SMA sederajat yang mengikuti PTMT pada semester genap 2021/2022. Instrumen penelitian menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan persentase dan rata-rata dari jawaban responden. Analisis rata-rata dibuat dalam bentuk rentang skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PTMT dapat berlangsung efektif, guru menganggap mudah untuk melaksanakan PTMT, dan guru dan siswa menyukai PTMT dari pada pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa PTMT dapat membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, keterlibatan siswa dalam belajar, membuat gairah atau semangat dalam belajar, tidak membuat siswa malas belajar, siswa dapat berkonsentrasi dalam belajar, siswa lebih serius dalam mengikuti pembelajaran, mudah memahami materi pelajaran, dan interaksi dan komunikasi timbal balik yang baik antara guru dengan siswa. Guru dan siswa selama masa pandemi Covid-19 menginginkan pembelajaran dapat dilaksanakan secara tatap muka meskipun masih secara terbatas.


Keywords


pembelajaran tatap muka terbatas, persepsi guru dan siswa, pandemi covid-19

References


Adikara, F. S., Nurani, D. C., Akhmad, Y., & Faida, M. (2021). The Effectiveness Of Online Learning At STKIP Muhammadiyah Batang. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 5(4), 909–917. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8402

Aminullah, Ikram, Chandra, F., Fitriani, N., Wasna, Misna, & Elihami. (2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandami Covid 19 (Studi Pelaksanaan PLP Dasar). Maspul Journal of Community Empowerment, 3(1), 21–26.

Amri, F., & Atmojo, C. T. (2021). Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 62–76. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i2.1179

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arifin, H. N. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 Ma Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Widya Balina, 6(2), 262–272. https://doi.org/10.53958/wb.v6i12.104

Awani, M. S., Noviana, E., & Mulyani, E. A. (2022). Identifikasi Kesulitan Belajar Online Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(4), 1217–1227. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8829

Burhanuddin. (2022). Tantangan Pembelajaran Daring, Luring dan Tatap Muka Terbatas Dimasa Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 32–43. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i2.334

Bustomi, A. (2020). Implikasi Covid 19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1007–1017.

Cahyanto, B., Maghfirah, M., & Hamidah, N. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 32–43. https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.508

Engko, C., & Usmany, P. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online: Studi Eksploratif pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura. Jurnal Akuntansi, 6(1), 23–38.

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitriansyah, F. (2022). Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kalangan Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 123–130. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1438

Gayatri, A. M., Adi, T. M., & Muzdalifah. (2021). Kelemahan Media Internet dalam Pelaksanaan Pembelajaran saat Pandemi. Intelektium, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.37010/int.v2i1.280

Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15–23. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36

Kirin, A., Sharifuddin, A., Rahim, M. H. A., Khadijah, S., & Sulaiman, A. (2021). Impak Pengajaran dan Pembelajaran Secara Online: Kajian Kes Terhadap Pelajar Sekolah Rendah, Menengah dan Universiti Semasa Pandemik Covid-19. Advances in Humanities and Contemporary Studies, 2(1), 127–136.

Mustakim, U. S., Dewi, R., Mulyasari, A., Juanto, A., & Kamali, A. S. (2021). Efektifitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Terhadap Mahasiswa di STKIP Syekh Manshur). Jurnal Al-Miskawaih, 2(2), 171–178.

Mustopa, A. J., & Hidayat, D. (2020). Pengalaman Mahasiswa Saat Kelas Online Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Selama Covid-19. Jurnal Digital Media & Relationship, 2(2), 75–84.

Nasution, S., Simanjuntak, L. A., Sitanggang, W., & Tambunan, J. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Selama Pandemi Covid 19. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 107–114.

Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis Kesiapan dan Hambatan Siswa SMK dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 82–88.

Noviati, W. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 7–11. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.258

Nurhayati, S. E., & Ratnaningsih, N. (2022). Persepsi Orang Tua, Guru, dan Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 827–835. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1896

Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Mayesti, L., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Putri, R. S., Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Home Learning: An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818.

Rismayana. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Dalam Masa Tatap Muka Terbatas Selama Masa Pandemi Di SMAN 3 Seluma. Biochephy: Journal of Science Education, 1(2), 65–70.

Robandi, D., & Mudjiran. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878

Rohmanu, A., Muafiah, E., Hakim, A. R., & Damayanti, V. V. W. (2020). Kesiapan, Kompleksitas dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh: Perspektif Mahasiswa IAIN Ponorogo. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 221–241. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7019

Seftiani, D. S., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6412–6418. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3223

Setyorini, I. (2020). Pandemi COVID-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh terhadap Proses Pembelajaran pada Kurikulum 13? Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 95–102. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.31

Sitorus, N. H., Witri, G., & Noviana, E. (2022). Evaluasi Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 45 Pekanbaru. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(2), 389–394. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8324

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sundari, S., Wijayatiningsih, T. D., & Mulyadi, D. (2021). Scaffolding: Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Era New Normal. Proseding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 1002–1010.

Surani, D., Kusuma, J. W., & Kusumawati, N. (2020). Platform Online dalam Perkuliahan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1338–1349. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14057

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915

Wati, J. U. M., Rikza, Q., & Rahmawati, A. D. (2021). Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Di Kelas VII G MTS Negeri 4 Ngawi. Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematic (IJELM), 2(1), 19–31.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id