EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DENGAN MICROSOFT KAIZALA TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Ike Kuswardani, Nunuk Suryani, Yumiati Yumiati

Abstract


Matematika mencerminkan penalaran siswa yang juga ditentukan oleh penggunaan model pembelajaran yang digunkan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran quantum dengan microsoft kaizala terhadap hasil belajar operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 30 siswa kelas VI SDN 1 Ngadirejo, 36 siswa kelas VI SDN 2 Ngadirejo, dan 18 siswa kelas VI SDN 4 Ngadirejo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan penghitungan diperoleh thitung = 13,162 dengan p-value 0,000<0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat model pembelajaran quantum dengan microsoft kaizala efektif meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilanan bulat siswa kelas VI. Model pembelajaran quantum dengan struktur TANDUR dapat memaksimalkan setiap momen belajar siswa sehingga lingkungan belajar dan interaksi yang terjadi mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar.

Keywords


bilangan bulat, microsoft kaizala, quantum learning

References


Amalia, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi COVID-19 dengan Microsoft Kaizala untuk Materi Peluang. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(4), 286–295.

Cahyaningrum, A. D., AD, Y., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 372–379. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 12(2), 48–60. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447

Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 135–141. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2771

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Khotimah, U. K., Ariani, T., & Gumay, O. P. U. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri Jayaloka. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 103–110. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.255

O’Neal, L. J., Gibson, P., & Cotten, S. R. (2017). Elementary School Teachers’ Beliefs about the Role of Technology in 21st-Century Teaching and Learning. Computers in the Schools, 1–15. https://doi.org/10.1080/07380569.2017.1347443

Pratama, F. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching melalui Strategi Tandur untuk Meningkatkan Kompetensi Kognisi Siswa. In Jurnal Ilmiah EDUKASI (Vol. 6, Issue 1, pp. 183–192). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1681

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi, 1(1), 17–25. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Sari, N. M., Yaniawati, P., Firmansyah, E., Supianti, I. I., & Mubarika, M. P. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar dan Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Microsoft Kaizala. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 247–255.

Subiyanto, H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Siswa Kelas VII B SMPN 3 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Nusantara Hasana Journal, 1(7), 1–10.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yanto, A. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i1.9




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id