EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DENGAN MICROSOFT KAIZALA TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Ike Kuswardani, Nunuk Suryani, Yumiati Yumiati

Abstract


Matematika mencerminkan penalaran siswa yang juga ditentukan oleh penggunaan model pembelajaran yang digunkan guru. Penelitian yang dipaparkan pada artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran quantum dengan microsoft kaizala terhadap hasil belajar operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian melibatkan 30 siswa kelas VI SDN 1 Ngadirejo, 36 siswa kelas VI SDN 2 Ngadirejo, dan 18 siswa kelas VI SDN 4 Ngadirejo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan penghitungan, diperoleh thitung sebesar 13,162 dengan p-value 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat model pembelajaran quantum dengan microsoft kaizala efektif meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilanan bulat siswa kelas VI. Model pembelajaran quantum dengan struktur TANDUR dapat memaksimalkan setiap momen belajar siswa sehingga lingkungan belajar dan interaksi yang terjadi mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar.


Keywords


microsoft kaizala, quantum learning, bilangan bulat

References


Abaniel, A. (2021). Enhanced Conceptual Understanding, 21st Century Skills and Learning Attitudes through An Open Inquiry Learning Model in Physics. Journal of Technology and Science Education, 11(1), 30–43.

Akbay, T., Sıvacı, S. Y., & Akbay, L. (2020). Investigation of Teacher Candidates’ 21st Century Learner Skills via PAMS. Elementary Education Online, 19(3), 1498–1508. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.731177

Aluri, V. L. N., & Fraser, B. J. (2019). Students’ Perceptions of Mathematics Classroom Learning Environments: Measurement and Associations with Achievement. Learning Environments Research, 22(3), 409–426. https://doi.org/10.1007/s10984-019-09282-1

Amalia, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi COVID-19 dengan Microsoft Kaizala untuk Materi Peluang. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(4), 286–295.

Cahyaningrum, A. D., AD, Y., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 372–379. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363

Chalkiadaki, A. (2018). A Systematic Literature Review of 21 st Century Skills and Competencies in Primary Education. International Journal of Instruction, 11(3), 1–16.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 12(2), 48–60. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447

Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 135–141. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2771

Fauzan, Maksum, H., Purwanto, W., & Indrawan, E. (2021). Hubungan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO). Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 45–51. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31347

Hergüner, G., Buğra SON, S., Hergüner Son, S., & Dönmez, A. (2020). The Effect of Online Learning Attitudes of University Students on Their Online Learning Readiness. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 19(4), 102–110.

Hidayat, A., & Sadewa, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews terhadap Sikap Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 321–328. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.253

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Khotimah, U. K., Ariani, T., & Gumay, O. P. U. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri Jayaloka. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 103–110. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.255

Kurniawan, H., Susanti, E., & Arriyani, N. (2021). Menjadi Guru Yang Siap di masa Pandemi Covid-19, Melalui Workshop Penggunaan Edmodo dan google classroom pada pembelajaran Daring. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(1), 63–67. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.14427

McMinn, M., Aldridge, J., & Henderson, D. (2021). Learning Environment, Self-Efficacy for Teaching Mathematics, and Beliefs about Mathematics. Learning Environments Research, 24(3), 355–369. https://doi.org/10.1007/s10984-020-09326-x

O’Neal, L. J., Gibson, P., & Cotten, S. R. (2017). Elementary School Teachers’ Beliefs about the Role of Technology in 21st-Century Teaching and Learning. Computers in the Schools, 1–15. https://doi.org/10.1080/07380569.2017.1347443

Pratama, F. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching melalui Strategi Tandur untuk Meningkatkan Kompetensi Kognisi Siswa. In Jurnal Ilmiah EDUKASI (Vol. 6, Issue 1, pp. 183–192). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1681

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi, 1(1), 17–25. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Raksanakorn, K., Chusorn, P., Khemma, P. H., & Chusorn, P. (2020). Needs Assessment for Development of Primary School Administrators’ Attributes in 21st Century. World Journal of Education, 10(2), 158–162. https://doi.org/10.5430/wje.v10n2p158

Sari, N. M., Yaniawati, P., Firmansyah, E., Supianti, I. I., & Mubarika, M. P. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar dan Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Microsoft Kaizala. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 247–255.

Subiyanto, H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Siswa Kelas VII B SMPN 3 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Nusantara Hasana Journal, 1(7), 1–10.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tsai, S.-M., Wang, Y.-Y., & Weng, C.-M. (2020). A Study on Digital Games Internet Addiction, Peer Relationships and Learning Attitude of Senior Grade of Children in Elementary School of Chiayi County. Journal of Education and Learning, 9(3), 13–26. https://doi.org/10.5539/jel.v9n3p13

Yanto, A. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i1.9




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id