UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI 03 BUANA BAKTI KABUPATEN SIAK

Parji Parji

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar melalui metode demonstrasi. Kreativitas guru dalam proses belajar mengajar mempunyai peranan penting dalam peningkatan mutu hasil belajar siswanya. Kreativitas diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru. Berdasarkan hasil observasi pra penelitian yang dilakukan pada hari Selasa, tanggal 2 Agustus 2022 di SD Negeri 03 Buana Bakti Kabupaten Siak, ditemukan permasalahan yaitu: (1) Penyampaian materi pembelajaran yang dilakukan guru didalam kelas kurang kreatif, terlalu monoton sehingga siswa tidak tertarik terhadap materi yang dipelajari. (2) Guru belum melibatkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini guru belum mampu meningkatkan kecakapan berpikir kreatif siswa. (3) Guru jarang menggunakan media dalam mengajar sehingga pengajaran yang berlangsung kurang menarik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam mengajar di SD Negeri 03 Buana Bakti Kabupaten Siak dapat ditingkatkan melalui Metode Demonstrasi. Dengan kondisi tersebut maka tingkat penerimaan guru meningkat. Metode Demonstrasi aspek kreativitas guru dalam mengajar melalui metode demonstrasi pada siklus I dan II peningkatannya dari 59.0% dan siklus II menjadi 73.8%. 


Keywords


Teacher Creativity, Demonstration Method

References


Alma, Buchori. (2007). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, & Supardi, (2010), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Choiriatun, D. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Membuat Soal Hots Melalui Kegiatan Iht Di Sdn 01 Nongsa Kota Batam Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 215.

Danim, Sudarwan . (2010), Menjadi Komunitas Pembelajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto., & Tasrial. (2011). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gavamedia.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Kurniasih, I. (2017). Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Mardhiah, Ainon., Yusrizal, & Usman., Nasir. (2014). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Supervisi Akademik Di Smp Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireuen. Jurnal Administrasi Pendidikan. 4(2), 1-11.

Masnun, B. (2017). Mengefektifkan Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Semester Satu Tahun Pelajaran 2016/2017 Sd Negeri 27 Ampenan. Jime, 3(1).

Mulloh, Tamim., & Muslim, Qodir., Abd. (2022). Analisis Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Journal Publicuho. 5(3). 763-775. DOI : https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.29

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. (2013). Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Shabir U, M. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik : (Tugas dan Tanggung jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA, 2(2), 221–232

Supraptono, E. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Multimedia Interaktif Dalam Materi Microsoft Excel 2007. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 16(4)

Susanto, Heru. (2016). Mengembangkan Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dengan Siswa Untuk Meningkatkan Efektifitas Kegiatan Belajar Mengajar Di Sdn Tajungan. Widyagogik. 4(1). 43-55.

Tilaar. (1999). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Usman, M Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pt. Remaja Rosda Karya.

Wijaya., Cece. (1991). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya

Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.9018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id