Development of Local Wisdom-Based Modules on Pancasila Education Learning of Our Right to Play and Speak for Grade I Primary Students

Authors

  • Vikhy Septiyani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Islam Riau, Pekanbaru Author
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Islam Riau, Pekanbaru Author

DOI:

https://doi.org/10.33578/pjr.v9i3.116

Keywords:

development, learning module, local wisdom, Pancasila education

Abstract

The role of a teacher in designing or compiling teaching materials determines the success of the teaching and learning process through teaching materials. Researchers use the Research and Development. The research design is the ADDIE research model. The research data are primary data and secondary data. The techniques used by researchers to collect primary data are interviews, design expert validators, language expert validators, and material expert validators. Secondary data of this research was obtained from books, journals, and theses. The data sources are validators from experts related to validity testing, namely, design, language, and material experts. Based on the research results conducted on the development of local wisdom-based learning modules on the material Our Rights to Play and Speak at SDN 151 Pekanbaru, it can be concluded that the validation results by the three validators for the modules obtained an average percentage of 80% and above with the criteria "Very Eligible". The teacher's response to the module reveals positive results. This is proven by the percentage of questionnaires obtained, 86% and 85.8%, with the criteria "Very Good".

References

Aditia, M. Taufik dan Novianti Muspiroh. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan Islam (Salingtemasis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X di SMA NU (Nadhlatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Jurnal Scientiae Educatia. Vol 2 Edisi 2. hlm 1-20.

Aisyah, Siti. dkk. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka. Vol 2 (1). hlm 62-65.

Arsanti, Meilan. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo. Vol 1 (2). hlm 71-90.

Ardiansyah, Amalia Rizki. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Inkuiri Kontekstual Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Malang. Thesis Universitas Negeri Malang.

Arifin, Zainal. (2017). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Ashfahani, Aufa. (2016). Peningkatan Pemahaman Materi Autocad Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul Bergambar Pada Siswa SMK Muhammdiyah 3 Yogyakarta Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Journal of Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dewi, Kusuma. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Bub Materi Dinamika Kependudukan di Indonesia Untuk Perencanaan Pembangunan. Thesis Universitas Negeri Malang.

Ferlania, Rechika. (2020). Pembagian Dan Pemanfaatan Hasil Lubuk Larangan Pada Tradisi Mancokau Ikan Lubuk Larangan Di Desa Tanjung Belit Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal JOM FISIP. Vol 7 Edisi II. hlm 4.

Ilham, dkk. (2019). Penerapan Kearifan Lokal Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII B di UPTD SMP Negeri 05 Bangkalan. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya. hlm 177-184.

Ilmiawan, Arif. (2018). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus pada Siswa Kelas X MAN 2 Kota Bima). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol 2 (3). hlm 102-106.

Kusumam, Aliangga. dkk. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal.

Lexstiani, Rika. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD/MI. Skripsi.

Magdalena, Ina, dkk. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 2 (2). hlm 311-326.

Mualida, Utami. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Tarbawi. Vol 5 (2). hlm 130-138.

Novilasari, Shella. (2019). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PKN Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Pada Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Vol 3. hlm 953-956.

Prastowo, Andi Prastowo. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya disekolah/madrasah. Indonesia Prenademedia Group.

Primasari, Yurinda, dkk. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Budaya Samin Guna Menyukseskan Gerakan Literasi. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar”. Vol 3 (1). hlm 51-62.

Rachmawati, Niasari. (2012). Ketersediaan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi.

Rahmi, Elfita. dkk. (2021). Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka dan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Jurnal Visipena. Vol 12 (1). hlm 45-66.

Riyadi, Selamet dan Kawakibul Qamar. (2017). Efektivitas E-Modul Analisis Real Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME). Vol 1 (1). hlm 32.

Sadjati, Ida Malati. (2012). Hakikat Bahan Ajar. Modul.

Safitri. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Jenjang SD/MI Kelas IV Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi. Skripsi.

Santika, I Wayan Eka dan I Made Purana. (2019). Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal Bali (Studi kasus di SMA N 1 Denpasar). Seminar Nasional INOBALI 2019 Inovasi Baru Dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora.

Septora, Rio. (2017). Pengembangan Modul Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO. Vol 2(1). hlm 86-97.

Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sirate, Sitti Fatimah S. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. E-Jurnal UIN (Universitas Islam Negeri) Alauddin Makassar. Vol VI (2). hlm 316-333.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development.Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya .

Sunantri, Asep. dkk. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha dan Energi. Jurnal. hlm 107-117.

Susilo, Agus. dkk. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N I Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol 26 (1). hlm 51.

Syefriani, dkk. (2021). Nilai-Nilai Tradisi Bukoba Pasir Pegaraian Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Kajian Seni. Vol 08 (01). hlm 85-86.

Totok, Tolak. (2018). Aktualisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Peneguh Karakter Kebangsaan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol 8 (2). hlm 1-20.

Wahyudi, Adip. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran IPS. JESS: Jurnal Education Social Science. Vol 2 (1). hlm 51-61.

Widodo, Bali dan Egi Nurholis. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Kuta Dalam Membentuk Karakter Warga Negara Berwawasan Lingkungan. Jurnal Artefak. Vol 8 (1). hlm 1-10.

Wangi, Ni Nengah Sekar, dkk. (2021). Mengenal Pecahan dengan Modul Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies. Vol 4 No.2. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38327.

Yuliani, Wiwin dan Nurmauli Banjarmahor. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RND) Dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Quanta. Vol 5 (3). hlm 111-118.

Zamzami, Novita Donna, dkk. (2021). Ragam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Pendidikan. hlm 346-352.

Downloads

Published

2025-06-04

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)